Inilah Makanan untuk Sarapan Sehat di Pagi Hari

By Categories : Kesehatan

Sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas seharian. Dengan sarapan tubuh akan mendapatkan energi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Namun sebagian orang masih melupakan sarapan dengan alasan tidak ada waktu. Efek yang ditimbulkan ketika seseorang melupakan sarapan adalah badan mengalami cepat letih serta kurang berkonsentrasi. Tetapi ketika salah dalam memilih menu makanan saat sarapan, justru dapat memiliki efek buruk. Nah agar tidak keliru dalam memilih makanan untuk sarapan sehat, silahkan coba beberapa menu sarapan sehat di bawah ini.

Makanan untuk Sarapan Sehat

Berikut Makanan untuk Sarapan Sehat yang Bisa Anda Coba

Roti yang Berbahan Gandum

Salah satu menu makanan sehat yang untuk sarapan Anda adalah roti gandum. Roti yang berbahan dasar gandum baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin E, serta nutrisi lainnya seperti lemak essensial. Roti gandum merupakan makanan berserat tinggi yang baik untuk tubuh. Sebagai menu sarapan di pagi hari, roti gandum bisa ditambahkan keju atau juga daging asap untuk menambah selera makan.

Sereal

Sereal dapat mudah ditemukan di supermarket atau juga mini market terdekat. Sereal memiliki aneka ragam rasa, sehingga tidak selamanya monoton. Sereal kaya karbohidrat yang akan memasok sumber energi pada tubuh. Namun tidak hanya karbohidrat saja, seral juga mengandung protein dan serat yang sama-sama dibutuhkan oleh tubuh. Sereal dapat dikonsumsi dengan susu yang mengandung kalsium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.

Telur

Makanan untuk sarapan sehat berikutnya yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah telur. Telur dapat dijadikan menu pada sarapan dengan kombinasi roti atau nasi. Menurut pakar kesehatan bagian telur yang mengandung kalori cukup tinggi adalah pada bagian kuningnya. Selain kalori, telur juga kaya akan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak anak. Anda dapat mengolah telur dengan cara direbus, dibuat omelet dengan tambahan sayuran seperti wortel, brokoli, dan bawang putih.

Oat

Oat bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi. Oat mengandung banyak karbohidrat yang berguna untuk menambah energi dalam tubuh. Oat sangat disarankan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Tidak hanya baik dikonsumsi saar sarapan saja, tetapi oat juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mengonsumsi oat, Anda dapat menambahkan buah-buahan agar untuk menambah cita rasa.

Pisang

Bagi Anda yang tidak mau terlalu repot dalam mempersiapkan makanan untuk sarapan, Anda dapat mencoba mengonsumsi pisang. Pisang merupakan buah yang mengandung kalium dan karbohidrat. Kalium bagus untuk saraf dan otot, sedangkan karbohidrat berperan memberikan sumber tenaga pada tubuh. Tekstur lembut dan mudah dicerna oleh tubuh menjadi ciri khas dari pisang. Pisang memberikan dampak kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk ditambahkan ke dalam menu diet.

Itulah tadi pembahasan seputar makanan untuk sarapan sehat di pagi hari yang perlu untuk Anda coba.

loading...
Tags:masakan simple untuk pagi hari saat sarapan, cocok menu hari ini, makan sehat buat anak, Makanan wat sarapan, menu buka puasa yg enk, menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi