Inilah Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Pernahkan Anda merasakan buah kiwi? Buah yang memiliki Bentuk mirip buah sawo ini biasanya dijadikan sebagai hiasan kue, salad buah ataupun es krim. Dibandingkan dengan buah-buah lainnya kiwi merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang tinggi. Buah yang berasal dari China ini pada umumnya memiliki beberapa variasi warna yaitu kiwi hijau dan juga kiwi emas (gold kiwi). Akan tetapi yang paling sering kita jumpai dan paling banyak dipasarkan adalah kiwi hijau.

kiwi

Tak hanya kaya akan vitamin C, dalam 100 gram kiwi Anda dapat mencukupi beberapa nutrisi seperti magnesium, vitamin A, zat besi, lemak, protein dan masih banyak lagi. Nah berikut adalah manfaat buah kiwi bagi kesehatan.

Khasiat buah kiwi untuk kesehatan

  • Menjaga kesehatan mata
    Manfaat yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Mata merupakan salah satu indera manusia yang berfungsi sebagai alat penglihatan manusia. Pentingnya fungsi mata bagi kelangsungan hidup manusia, menuntut setiap orang untuk menjaga kesehatannya. Selain wortel, buah kiwi juga kaya akan vitamin A yang mampu untuk melindungi mata dari berbagai macam penyakit. Selain vitamin A, buah kiwi juga kaya akan beta karoten dan lutein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan alat indera yang satu ini.
  • Menjaga kesehatan jantung
    Seperti yang Anda ketahui jantung adalah salah satu organ vital yang berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika kinerja jantung terganggu, tentunya hal ini juga dapat menyebabkan masalah lain pada tubuh salah satunya yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan potasium pada buah kiwi berguna untuk menjaga tekanan darah dan juga kesehatan jantung. Selain kiwi, buah yang kaya akan potasium lainnya adalah buah pisang.
  • Mencegah kanker
    Hampir setiap orang memiliki potensi untuk terserang kanker. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab kanker adalah faktor keturunan serta gaya dan pola hidup yang tidak sehat. Namun Anda jangan khawatir, Anda dapat mencegahnya dengan cara mengonsumsi buah kiwi. Menurut Rowett Research di Inggris, mengonsumsi kiwi emas dalam setiap harinya dapat membantu untuk memperbaiki DNA hampir dua kali lipat. Jika DNA stabil, tentunya hal ini dapat mencegah terjadinya kanker.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Manfaat buah kiwi yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan juga antioksidan pada buah kiwi telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh manusia yang kuat sangat berguna untuk menangkal berbagai macam radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit. Tak hanya itu saja, buah kiwi juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Nah itulah beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh.

Tags:buah kiwi