Inilah Manfaat Daun Sirih Merah untuk Pengobatan Herbal

By Categories : Kesehatan

Manfaat daun sirih merah memang sudah dipercaya oleh setiap orang untuk pengobatan herbal. Salah satu manfaat tanaman obat ini yang sudah sangat populer adalah untuk mengobati mimisan. Namun tak hanya itu saja manfaatnya, jenis tanaman toga yang satu ini juga kaya akan manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan. Nah artikel kali ini akan membahas mengenai khasiat daun dirih merah.

Perlu diketahui meskipun sudah banyak obat-obatan yang dijual di apotek dan toko obat lainnya, akan tetapi pengobatan dengan menggunakan bahan alami atau herbal saat ini juga masih banyak digunakan. Hal ini dikarenakan selain menggunakan bahan alami dengan biaya yang cukup terjangkau, pengobatan herbal tentunya tidak memiliki efek samping jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain kulit manggis, daun sirsak, dan lainnya, daun sirih merah juga merupakan salah satu jenis tanaman obat yang memiliki khasiat yang baik untuk pengobatan herbal dan menjaga kesehatan tubuh. Ini karena kandungan vitamin, nutrisi dan zat yang terkandung di dalam daun sirih merah sudah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan, mulai dari penyakit ringan hingga berat.

Manfaat Daun Sirih Merah

Lantas apa saja manfaat dari daun sirih merah? Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah beberapa manfaat dari daun sirih merah untuk pengobatan herbal serta untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut Adalah Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati Luka Bakar

Manfaat yang pertama adalah dengan berguna untuk mengobati luka bakar. Tak hanya daun sirih merah saja, daun sirih hijau juga berguna untuk mengatasi hal ini. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, bersihkan daun sirih merah lalu remaslah daun tersebut  hingga mengeluarkan air. Setelah itu Anda bisa mengoleskannya pada kulit yang mengalami luka bakar. Agar hasil lebih maksimal, tambahkanlah madu ketika akan mengobati luka bakar dan lakukanlah hal ini secara rutin.

Baca juga cara menghilangkan luka bakar secara alami

Mengatasi Mimisan

Yang kedua adalah sangat berguna untuk mengatasi mimisan. Sudah dijelaskan tadi bahwa khasiat daun sirih yang paling populer adalah untuk mengobati mimisan. Cara mengatasi mimisan dengan menggunakan daun sirih adalah siapkan beberapa lembar daun sirih merah yang sudah dibersihkan, setelah itu gulung daun tersebut dan masukkanlah ke dalam hidung yang mengalami mimisan. Lakukan hal ini setiap hari secara rutin hingga mimisan tidak keluar lagi.

Mengatasi Keputihan

Seperti yang kita ketahui, keputihan merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh para wanita. Dan jika tidak segera di atasi, tentu saja hal ini dapat membuat rasa tidak nyaman pada organ kewanitaan. Namun jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan daun sirih merah untuk mengatasi salah satu masalah kewanitaan yang satu ini. Seperti yang Anda ketahui, banyak sekali produk kewanitaan yang memanfaatkan ekstrak daun sirih sebagai bahan utama. Namun meskipun begitu, memanfaatkan daun sirih secara langsung pastinya akan lebih aman.

Caranya, siapkan 10 helai daun sirih merah yang sudah dibersihkan. Setelah itu seduh dengan menggunakan 4 liter air hangat. Gunakanlah air rendaman tersebut untuk membasuh area kewanitaan secara ruitn.

Mengatasi Gusi berdarah

Manfaat daun sirih merah selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi gusi berdarah. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu rebuslah daun sirih merah yang sudah dibersihkan. Setelah air rebusannya dingin, Anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur.

Mengatasi Batuk

Berikutnya yaitu dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Caranya pun simpel, yaitu siapkan 5 lembar daun sirih merah yang sudah dibersihkan. Kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu Anda bisa menyaringnya. Agar rasanya tidak terlalu hambar, Anda bisa menambahkan madu. Minumlah ramuan ini secara tertaur, yaitu 2 kali sehari hingga batuk yang Anda alami sembuh.

Obat Mata Merah

Daun sirih merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mata merah dan iritasi. Kandungan senyawa alkaloid memiliki peranan sebagai anti radang dan anti bakteri. Cara pembuatan obat sakit mata ini pun sangat mudah, yaitu siapkan 20 lembar daun sirih merah lalu rebus dengan menggunakan air hingga mendidih. Kemudian saring air rebusan tersebut dan gunakan air rebusan daun sirih untuk mengompres mata.

Mengobati Diabetes

Selain jantung dan paru-paru, diabetes juga merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Ini karena banyak orang yang mengetahui bahwa ia menderita penyakit diabetes setelah mengalami komplikasi. Jika sudah begini, penyakit diabetes akan sulit diatasi. Selain mengonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga tak ada salahnya untuk melakukan pencegahan dengan mengonsumsi minuman herbal dari daun sirih merah. Kandungan klavicol, terpenoid dan pycene dapat membantu kinerja insulin dalam tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Baca juga inilah cara menurunkan kadar gula untuk menghindari penyakit diabetes

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun sirih merah untuk pengobatan herbal.

loading...
Tags:khasiat daun sirih merah, Khasiat sirih merah utk mengatasi mslh kewanitaan