Inilah Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Manfaat ubi jalar ungu terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ubi biasanya dikenal sebagai makanan kampung. Namun meskipun begitu ubi jalar ungu memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan ubi jalar ungu mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, riboflavin dan juga mengandung berbagai macam mineral yaitu kalsium, fosfor serta zat besi. Tak hanya itu saja, ubi jalar merah juga kaya akan serta, protein dan juga lemak baik. Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat ubi jalar ungu untuk kesehatan.

manfaat ubi jalar ungu

Manfaat Ubi Jalar Ungu Untuk Tubuh

Mencegah Serangan Jantung

Khasiat ubi jalar ungu yang pertama ubi jalar ungu adalah untuk mencegah serangan jantung. Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang wajib dijaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan jantung Anda dapat memanfaatkan ubi jalar. Ini karena kandungan kalium dan pyridoxine bermanfaat untuk menurunkan hemosisten kimia yang dapat digunakan untuk mencegah serangan jantung. Selain itu, ubi jalar juga mengandung lemak baik yang dapat menurunkan lemak jahat penyebab kolesterol dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

Mencegah Diabetes

Meskipun ubi jalar memiliki rasa yang manis, akan tetapi hal ini tidak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah Anda. ini dikarenakan angka indek glikemik pada ubi jalar ungu sangatlah rendah. Sehingga seseorang yang mengonsumsinya tidak akan membuat kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Meskipun sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes, namun penderita diabetes pun tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi ubi jalar.

Menangkal Kanker

Seperti yang Anda ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit yang sering menjadi momok bagi setiap orang. Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat lainnya, Anda juga dapat memanfaatkan ubi jalar ungu untuk menangkal kanker. Kandungan senyawa karotenoid (vitamin A dan betakaroten) akan memberikan perlindungan pada paru-paru. Sehingga hal ini dapat mencegah dan menurunkan resiko seseorang terkena kanker khususnya kaker mulut dan paru-paru.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat ubi jalar ungu yang selanjutnya adalah berguna untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini adalah salah satu perubahan wajah seseorang menjadi tua. Pada umumnya penuaan dini terjadi pada seseorang yang sudah memasuki usia 30 tahun. Namun bagaimana jika seseorang yang masih berusia 20 tahun mengalami penuaan dini? Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini, seperti merokok, mengonsumsi alkohol dan lainnya. Namun Anda jangan khawatir, mengonsumsi ubi jalar ungu secara teratur dapat mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Menjaga Kekenyalan Kulit

Selain mencegah penuaan dini, ubi jalar ungu juga bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit. Selain berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C yang terkandung di dalam pun dapat menjaga keelastisitasan kulit.

Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat ubi jalar ungu selanjutnya adalah untuk menstabilkan tekanan darah. Mempertahankan asupan kalium yang stabil sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Menurut the National Health and Nutrion Examination Survey menunjukkan bahwa kurang dari 2 persen orang dewasa yang ada di Amerika Serikat memenuhi rekomendasi harian kalium yaitu 4.700 mg. Tahukah Anda bahwa satu ubi jalar menyediakan sekitar 542 miligram kalium. Asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian karena tekanan darah tinggi. Selain ubi jalar, buah mangga dan pisang juga merupakan satu makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan alat indera manusia yang berguna untuk melihat indahnya dunia. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan mata. Selain mengonsumsi wortel, ubi jalar ungu juga kaya akan vitamin yang baik untuk menjaga mata dan mencegah kerusakan degeneratif pada mata. Selain itu, kandungan vitamin C dan E pada ubi jalar juga sangat baik untuk membantu tubuh agar tetap sehat.

Mengatsi Peradangan

Ubi jalar mengandung kolin yang berguna untuk meningkatkan memori otak, mempertahankan struktur memberan sel, menjaga kualitas tidur tetap baik, membatu penyerapan lemak serta dapat mengurangi inflamasi atau peradangan. Hal ini pun dibuktikan dengan adanya penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Medicinal Food, penelitian tersebut menunjukkan bahwa ubi jalar ungu memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk mengatasi peradangan.

Menyehatkan Pencernaan dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang kuat pastinya dapat membuat seseorang selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Tak hanya itu saja, pencernaan yang sehat juga dapat membuat perut tampak ramping dan tidak buncit. Selain berolahraga, Anda juga bisa mendapatkan hal tersebut hanya dengan mengonsumsi ubu jalar. Ubi jalar kaya akan vitmin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta ubi jalar juga kaya serat yang baik untuk menjaga pencernaan.

baca juga artikel tentang khasiat teh putih untuk kesehatan

Demikianlah ulasan mengenai manfaat ubi jalar ungu untuk kesehatan.