Inilah Menu Makanan Pantangan Asam Urat

By Categories : Kesehatan

Makanan pantangan asam urat perlu Anda perhatikan agar agar kondisi tubuh tidak semakin parah. Asam urat adalah peradangan yang terjadi pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Penumpukan kristal asam urat tersebut dikarenakan tubuh seseorang memiliki kadar purin yang berlebih, purin yang berlebih itulah yang kemudian akan diolah menjadi asam urat. Salah satu bagian tubuh yang sering diserang asam urat adalah jempol kaki, pergelangan kaki, tangan dan juga lutut. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko yang besar mengalami hal ini. Adapun cara mengatasi asam urat secara alami seperti banyak minum air putih dan diet bagi yang obesitas. Seseorang yang memiliki resiko asam urat, sebaiknya menghindari makanan pantangan asam urat berikut ini.

Makanan Pantangan Asam Urat

Makanan pantangan asam urat

 

Beberapa Makanan pantangan asam urat

Sayuran dan buah-buahan

Tidak selamanya sayur dan buah dapat menjaga kesehatan tubuh. Seseorang yang memiliki asam urat harus menghindari beberapa sayuran dan buah-buahan agar asam urat mereka tidak terlalu menyakitkan. Beberapa sayur dan buah yang harus dihindari penderita asam urat adalah saparagus, buncis, jamur kuping, daun pepaya, daun singkong, kangkung, nanas, durian dan juga air kelapa.

Makanan laut

Makanan pantangan untuk penderita asam urat yang sebaiknya Anda hindari selanjutnya adalah makanan laut. Hampir setiap orang sangat menyukai makanan yang satu ini. Namun bagi penderita asam urat sebaiknya menghindarinya, makanan laut seperti udang, kerang ikan teri serta udang lobster memiliki kandungan purin hingga 239 mg/100 gram.

Jeroan

Sama seperti makanan laut, jeroan juga merupakan salah satu makanan favorit bagi setiap orang. Namun selain mengandung kolesterol yang tinggi, jeroan juga kaya akan purin yang dapat memperparah asam urat Anda. Dalam 100 gram jantung domba atau kambing terkadung purin hingga 241 mg, dalam 100 gram ginjal sapi mengandung 269 mg, sedangkan dalam paru-paru sapi mengandung asam urat hingga 339 mg.

Daging merah

Makanan pantangan asam urat selanjutnya adalah daging merah. Pada umumnya semua orang sudah mengetahui bahwa daging merah adalah makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat. Daging merah seperti daging kalkun, kambing dan domba memiliki kandungan purin yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan sapi, ayam ataupun bebek.

Soft drink

Selain dapat menyebabkan obesitas, kandungan gula yang terkandung dalam soft drink juga dapat memperparah asam urat yang Anda derita. Hal ini dikarenakan minuman manis yang kaya akan friktosa sirup jagung dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat.

Baca juga bahaya minuman bersoda bagi kesehatan

Bir

Selain soft drink, bir juga merupakan penyebab asam urat semakin parah. Tak hanya dapat meningkatkan asam urat saja, bir yang Anda konsumsi juga membuat tubuh kesulitan untuk membersihkan asam urat yang berlebih di dalam tubuh. Minuman beralkohol yang baik dikonsumsi adalah anggur merah atau wine, namun meminumnya secara berlebih juga dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Makanan kalengan

Pantangan makanan yang perlu dihindari selanjutnya adalah makanan kalengan. Bagi masyarakat kota, makanan instan dan makanan kalengan merupakan makanan yang sering dikonsumsi. Hal ini dikarenakan makanan tersebut memiliki rasa yang enak dan tentunya sangat praktis untuk memasaknya. Namun makanan tersebut sangatlah tidak sehat jika dikonsumsi secara terus menerus. Selain dapat menyebabkan kadar kolesterol makanan kalengan juga dapat menyebabkan asam urat.

Kacang-kacangan

Makanan pantangan asam urat selanjutnya adalah kacang-kacangan. Bagi Anda pecinta makanan kacang-kacangan, maka sebaiknya Anda mulai menghindarinya. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan juga dapat menyebabkan asam urat yang diderita semakin parah. Jenis kacang-kacangan yang perlu dihindari antara lain kacang hijau, tauge, melinjo, kacang tanah dan juga kacang kedelai termasuk hasil olahannya seperti oncom, susu kedelai, tempe dan tauco.

Hindari makanan yang bersantan 

Penderita asam urat juga harus menghindari makanan bersantan. Tak hanya makanan bersantan saja, sebaiknya hindari pula makanan yang dimasak dengan menggunakan margarin atau mentega.

Makanan berlemak dan protein tinggi

Seperti yang Anda ketahui makanan berlemak yang dikonsumsi secara berlebihan memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, sama seperti makanan yang berprotein tinggi. Untuk menghindari penyakit lainnya, sebaiknya Anda membatasi dalam mengonsumsi makanan yang kaya lemak dan protein.

Tips yang perlu diketahui untuk penderita asam urat

  1. Konsumsilah makanan yang kaya akan potasium tinggi, seperti pisang, kentang dan yoghurt. Tak hanya dapat mengatasi asam urat. Makanan kaya potasium juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  2. Konsumsi buah kaya vitamin C. Tak hanya potasium, Anda juga harus memenuhi asupan vitamin C. Vitamin C dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit lainnya. Sumber terbaik vitamin C yang dapat Anda konsumsi adalah pepaya, jeruk, stroberi, kiwi, jambu dan lainnya.
  3. Perbanyak konsumsi karbohidrat komplek, seperti nasi, roti, ubi dan singkong dan hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana, seperti mie, pasta dan lainnya.

Nah itulah beberapa makanan pantangan asam urat.

Baca juga artikel terkait mengenai Obat tradisional asam urat.

loading...