Inilah Obat Tradisional Asam Lambung Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Lambung merupakan bagian dari organ pencernaan yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Di dalam makanan dan cairan digiling menjadi bentuk yang lebih halus kemudian dialirkan ke bagian awal dari usus kecil. Lambung dapat memproduksi asam lambung yang mengandung hormon pencernaan. Asam lambung berfungsi untuk membantu pencernaan. Dalam kondisi normal, asam dibutuhkan dalam proses pencernaan untuk mengolah makanan. Namun jika asam lambung berlebih maka dapat terjadi iritasi pada lapisan mukosa dan menimbulkan lambung luka.

Asam lambung berlebih merupakan salah satu penyakit pencernaan yang sering menyerang setiap orang. Asam lambung disebabkan karena adanya luka atau peradangan di lambung. Luka inilah yang menyebabkan rasa sakit, nyeri dan mual. Pada umumnya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan  asam lambung, seperti  terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, pola makan tidak teratur, mengonsumsi alkohol, stres ataupun karena pengaruh mikroorganisme.

Obat Tradisional Asam Lambung

 

Asam lambung dapat diobati dengan cara mengonsumsi obat yang dijual di pasaran ataupun membuat obat tradisional asam lambung sendiri di rumah. Obat tradisional tentu saja lebih aman dikonsumsi jika dibandingkan dengan obat-obat kimia lainnya.

Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh

Bawang putih

Meskipun memiliki bau yang tidak sedap, akan tetapi bawang putih merupakan bumbu dapur yang kaya akan manfaat.  Selain berguna untuk membuat masakan lebih sedap, bawang putih juga dapat digunakan untuk obat asam lambung. Makanan yang mengandung antibiotik alami. ini kaya akan vitamin dan zat yang mampu menjaga kesehatan pencernaan. Caranya, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mencampur parutan bawang putih dengan air hangat. Dan kemudian minumlah ramuan tersebut.

Kunyit

Sejak zaman dahulu kunyit sudah dikenal sebagai  bahan alami yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Cara mengobati asam lambung dengan menggunakan kunyit adalah dengan cara merebus kunyit yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. Selain itu, Anda bisa memarutnya dan peraslah airnya. Minumlah air perasan kunyit tersebut secara teratur yaitu setiap pagi dan sore.

Daun cincau

Obat tradisional asam lambung selanjutnya adalah dengan menggunakan daun cincau. Caranya,  ambilah 80 gram daun cincau. Setelah itu bersihkan dan haluskan daunnya lalu rebuslah dengan air hingga mendidih. Saring dan campurlah dengan menggunakan kapur sirih agar lebih kental. Tambahkan air gula dan sirup untuk memberikan rasa pada ramuan tersebut. Minumlah ramuan ini, kira-kira 3 kali dalam sehari secara teratur hingga asam lambung sembuh.

Jahe

Selain kunyit, jahe juga merupakan rempah-rempah yang kaya akan manfaat dan sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Jahe yang Anda minum berguna untuk membuang gas dalam tubuh. Tak hanya itu saja, jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan yang terjadi. Caranya, haluskan jahe lalu seduhlah dengan menggunakan air hangat. Setelah itu minumlah ramuan ini secara teratur.

Baking soda

Baking soda biasanya digunakan untuk membuat kue. Namun tak hanya itu saja manfaat baking soda.  Baking soda merupakan bahan yang kaya akan basa yang dapat mengalahkan asam di dalam lambung. Hal inilah yang menyebabkan baking soda dipercaya untuk mengatasi asam lambung. Caranya, ambillah 2 sendok makan baking soda dan larutkan ke dalam air. Kemudian minumlah air tersebut.  Namun, jangan terlalu sering mengonsumsi ramuan baking soda, karena dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah dan sakit kepala.

Lidah buaya

Lidah buaya biasanya digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Namun ternyata lidah buaya juga dapat mengobati asam lambung. Hal ini pernah diungkapkan oleh Victor Sierpina MD from University of Texas medical Branch. Lidah buaya mampu meredakan gangguan dari kerongkongan, sehingga lidah buaya mampu meredakan gangguan dari asam lambung. Cara menggunakannya yakni dengan membuat jus lidah biaya serta menambahkan sedikit madu agar lebih nikmat.

Pisang

Bahan alami selanjutnya yang dapat mengatasi asam lambung berlebih adalah pisang. Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan enak. Pisang memiliki sifat anti bakteri yang mampu menghambat tumbuhnya bakteri yang menyebabkan sakit maag. Buah pisang juga mampu menurunkan kadar asam lambung sehingga cocok untuk dikonsumsi para penderita maag. Anda dapat mengonsumsi 2-3 buah pisang perhari agar asam lambung cepat normal.

Mengunyah permen karet

Mungkin cara yang satu ini cenderung aneh untuk membuat asam lambung kembali normal. Makanan yang sering dikaitkan dengan penyebab kerusakan gigi ini ternyata mampu mengobati asam lambung. Jika asam lambung Anda naik maka Anda dapat mengunyah permen karet  sekitar 30 menit. Hal ini dipercaya akan membuat asam lambung Anda kembali normal. Cara ini telah terbukti melalui penelitian yang dimuat dalam Journal of Denral Research.

Nah itulah obat tradisional asam lambung. Baca juga artikel lainnya jenis makanan yang baik untuk lambung.

loading...
Tags:obat alami asam lambung, obat asam lambung, Obat asam lambung ala alami, obat herbal asam lmbung yradisional, obat yradisional asam lambung, ramuan tradisional untuk asam lmbung