Inilah Penyebab Periode Datang Bulan Tidak Teratur yang Perlu Diketahui

By Categories : Kesehatan

Datang bulan tidak teratur seringkali dialami oleh para wanita. Hal ini sebenarnya adalah hal umum dan wajar yang tak perlu dikhawatirkan. Namun ada pula beberapa penyebab yang cukup serius sehingga mengakibatkan datang bulan menjadi tidak teratur. Nah bagi Anda yang sedang mencari apa saja penyebab hal tersebut kali ini akan menjelaskan penyebab dari telatnya datang bulan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui mentruasi atau datang bulan adalah salah satu hal yang dialami oleh para wanita dalam setiap bulannya. Kecuali wanita hamil, periode haid seorang wanita harusnya datang setiap bulan dalam batasan 21 hingga 40 hari. Namun ada pula seorang wanita yang mengalami periode datang bulan yang tidak tertaur dan bahkan tidak berhenti sama sekali. Hal ini tentu saja akan membuat kita khawatir dan bertanya-tanya. Apa yang terjadi dalam tubuh kita?penyebab datang bulan tidak teratur yang benar

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya yaitu karena stres dan terlalu banyak beban pikiran. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memiliki siklus haid yang teratur pastikan Anda tidak terlalu banyak beban pikiran dan menghindari stres. Namun tahukah Anda tak hanya stres saja yang dapat menyebabkan periode haid tidak tertaur.

Menurut dokter kebidanan dan kandungan Alyssa Dweck, M.D., memaparkan beberapa kemungkinan penyebab mengapa periode haid menjadi tidak teratur dan berantakan. Daripada penasaran, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Penyebab Datang Bulan Tidak Teratur yang Perlu Diwaspadai

Ketidakseimbangan Tiroid

Yang pertama adalah karena ketidakseimbangan tiroid. Seperti yang Anda ketahui kelenjar tiroid yang terletak di leher bertugar untuk mengatur sistem metabolisme. Tak hanya itu saja, tiroid juga berinteraksi dengan banyak sistem lain di dalam tubuh Anda untuk menjaga segala sesuatunya berjalan lancar. Seseorang yang mengalami ketidakseimbangan tiroid baik itu hipo atau hipertiroidisme dapat berefek pada periode datang bulan.

Baca juga Penyebab Telat Datang Bulan Selain Hamil

Kehilangan Berat Badan atau Latihan Berlebihan

Yang kedua adalah karena kehilangan berat badan atau latihan berlebihan. Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh di bawah 18 atau 19 mungkin ia akan kehilangan periode menstruasi. Namun hilang atau tidak teraturnya periode menstruasi tidak sepenuhnya mengacu pada hal tersebut. Kondisi gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia juga dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau berhenti. Begitu juga olahraga berlebihan.

Menopause Dini

Berikutnya adalah karena menopause dini. Wanita yang berusia di bawah 40 tahun akan mengalami penurunan kadar hormon kewanitaan secara signifikan. Mereka juga dapat mengalami menopause dini yang juga dikenal dengan sebutan kegagalan ovarium prematur.

Tanda atau gejala seseorang mengalami menopause dini adalah berkeringat di waktu malam, miss V menjadi kering dan hot flashes. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan atau kebidanan jika Anda mengalami tanda atau gejala tersebut.

Gejala Ovarium Polikistik

Penyebab periode datang bulan tidak teratur adalah PCOS. PCOS sendiri merupakan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kurangnya ovulasi. Hal ini akan menyebabkan kadar esterogen, testosteron dan progesteron menjadi tidak seimbang atau berubah.

Gejala umum jika seseorang mengalami PCOS antara lain pertumbuhan rambut di tempat-tempat yang tidak wajar bagi wanita, seperti di dada dan wajah, masalah kesuburan serta kesulitan menurunkan berat badan.penyebab datang bulan tidak teratur

Stres

Sudah dijelaskan tadi bahwa stres merupakan penyebab haid tidak teratur. Stres dapat menyebabkan gangguan di hipotalamus. Kata Dweck hipotalamus sangat dipengaruhi oleh stres, jadi jika Anda sedang berhadapan dengan masalah yang cukup besar, bisa jadi hal ini merupakan penyebab datang hulan Anda terlambat atau bahkan tidak datang sama sekali.

Penyakit Kronik Seperti Celiac

Penyakit celiac akan mengacu pada kondisi intoleransi gluten. Tak hanya itu saja, jika gangguan kronis yang tidak terdiagnosis atau tidak diobati dapat menjadi stressor bagi sistem kerja tubuh dan hal inilah yang menyebabkan periode menstruasi terhambat. Untuk mengetahui hal ini pastikan Anda segera berkonsultasi kepada dokter agar dilakukan pemeriksaan.

Metode KB Pilihan Anda

Peroiode mentruasi atau haid yang tidak teratur juga bisa jadi merupakan efek samping dari KB yang ada lakukan untuk menghindari kehamilan. Beberapa jenis pil KB dosis rendah bisa menyebabkan kurangnya menstruasi dan hal ini sebenarnya tidak berbahaya.

Selain pil, metode KB lainnya seperti hormonal, implan, IUD atau suntikan juga dapat menyebabkan hal ini. Namun periode haid tersebut akan teratur kembali jika Anda sudah berhenti menggunakan alat KB tersebut.

Baca juga Tips Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami

Demikianlah ulasan mengenai penyebab datang bulan tidak teratur yang perlu diwaspadai.

loading...
Tags:gambar datang bulan