Inilah Penyebab Rambut Bercabang

By Categories : Kecantikan

Bercabang adalah kondisi rambut yang membelah menjadi dua, itu merupakan indikator yang banyak dialami oleh orang terhadap kondisi rambutnya yang bercabang. Terutama pada kalangan perempuan yang jarang sekali memperhatikan kesehatan rambutnya, inilah merupakan salah satu permasalahan yang dapat menyebabkan munculnya rambut bercabang.

Penyebab Rambut Bercabang

Pada era yang serba modern saat ini dengan kemunculan berbagai peralatan salon yang sebenarnya itu justru dapat pemicu kerusakan pada rambut seperti bercabang hingga kerontokan, hal itu dikarenakan hilangnya nutrisi pada rambut. Supaya hal tersebut tidak terjadi pada rambut Anda sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut bercabang itu sendiri. Adapun ulasannya adalah berikut ini!

Penyebab Rambut Bercabang yang Harus Diperhatikan

Kekurangan Nutrisi

Penyebab rambut bercabang paling utama adalah karena faktor kurangnya nutrisi pada rambut. Untuk menghindari rambut bercabang sebaiknya penuhi nutisi rambut dengan baik, caranya dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin E. Selain itu gunakanlah produk shampo yang memiliki kandungan mineral seng (zinc) di dalamnya supaya rambut Anda tidak mudah kering dan bercabang. Anda juga dapat menggunakan masker rambut alami seperti menggunakan pisang atau alpukat.

Penggunaan Pewarna Rambut

Bahan yang terdapat dalam pewarna rambut sangat tidak baik bagi kesehatan rambut karena pewarna rambut bersifat menyerap minyak-minyak alami yang dihasilkan secara alami oleh kulit kepala. Maka dengan begitu akan membuat rambut menjadi kering dan memicu munculnya rambut bercabang. Untuk itu hindarilah penggunaan bahan pewarna rambut, jika menginginkan rambut Anda tetap sehat.

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dalam hal ini adalah seperti menyisir rambut saat basah, mengikat rambut terlalu lama dan penggunaan pengering rambut secara berlebihan. Tanpa disadari hal itu menjadi salah satu penyebab rambut bercabang. Di antara kebiasaan buruk tersebut yang paling cepat memicu rambut bercabang adalah seringnya menggunakan pengering rambut yang dapat menghambat laju pertumbuhan rambut dan beresiko terahadap rambut pecah-pecah atau bercabang.

Pengaruh Sinar Ultraviolet

Rambut yang sering terkena sengatan matahari ini sangat mudah sekali mengalami kerusakan seperti bercabang karena kekurangan nutrisi di dalamnya. Biasanya sering kali dialami oleh orang yang sering beraktivitas di luar rumah (outdoor), maka cara untuk menghindarinya adalah menggunakan pelindung kepala ketika beraktivitas di luar rumah agar dapat mengurangi pengaruh buruk dari paparan sinar matahari.

Rambut Terlalu Panjang

Rambut yang terlalu panjang memang lebih mudah bercabang, hal itu dikarenakan minyak yang diproduksi oleh kulit kepala tidak sampai diserap oleh bagian ujung rambut, sehingga ujung rambut mengalami kekurangan nutrisi. Cara untuk menyiasati masalah tersebut Anda dapat menggunakan perawatan rambut seperti hair mask pada ujung rambut supaya ujung rambut tetap terpenuhi nutrisi di dalamnya.

Nah itulah penyebab rambut bercabang yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Vitamin untuk rambut rontok.

loading...