Jenis Buah Untuk Pencernaan Agar Selalu Sehat

By Categories : Kesehatan

Kebiasaan pola makan yang tidak baik biasanya akan menyebabkan proses pencernaan mengalami gangguan. Biasanya kondisi ini akan sangatlah mengganggu, tapi hal ini bisa dihindari dan diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan. Menurut sebuah penelitian terbaru di jurnal Nature Immunology, mengatakan bahwa buah-buahan adalah makanan terbaik bagi pencernaan. Buah-buahan memang terdapat banyak jenisnya, namun berikut ini akan kami jelaskan mengenai jenis buah untuk pencernaan.

buah untuk pencernaan

Dalam buah memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh salah satunya bagi kesehatan pencernaan. Kesehatan tubuh seseorang bisa dikategorikan baik dan sehat itu semua tergantung dengan sistem pencernaan yang lancar dan sistem metabolisme yang normal. Nah bagi Anda yang ingin hidup sehat dengan cara alami, maka Anda perlu mencoba untuk mengonsumsi buah-buahan yang baik bagi pencernaan.

Berikut daftar Buah Untuk Peencernaan

Belimbing

Jenis buah untuk pencernaan yang pertama adalah buah belimbing. Buah belimbing dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi mulut dan tenggorokan serta dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh. Hal ini disebabakan oleh kandungan vitamin C dan pro vitamin A di dalamnya.

Melon

Bila Anda sedang mengalami masalah dengan pencernaan maka salah satu untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah melon. Buah melon memiliki kandungan air yang sangat banyak dan bagus berperan untuk menyehatkan pencernaan. Selain itu kandungan mineral dalam buah melon juga bermanfaat untuk menghilangkan keasaman dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan khususnya bagian organ lambung.

Buah Pepaya

Untuk buah yang satu ini mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan manfaatnya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan enzim yang sangat tinggi yang dikenal dengan pepain. Pepain ini merupakan kandungan yang bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan dapat mengurangi resiko penyakit kanker usus besar.

Pisang

Buah untuk pencernaan selanjutnya adalah buah pisang. Buah pisang juga memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan karena memiliki sumber tinggi serat yang sangat membantu menjaga pencernaan salah satunya adalah melancarkan BAB secara efektif dan teratur. Khasiat tersebut bisa dirasakan secara baik bagi pencernaan jika setiap pagi selalu rutin mengonsumsi 1 buah pisang.

Jambu Biji

Kandungan vitamin C dan zat antioksidan pada buah jambu biji sangat dipercaya memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Tapi selain itu jambu biji juga memiliki manfaat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan pecernaan dan mencegah terjadinya kontipasi dalam tubuh.

Nah itulah penjelasan mengenai jenis buah untuk pencernaan. Karena melihat kondisi pencernaan dapat mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya, maka sangat penting sekali bagi Anda untuk menjaganya dan salah satunya dengan cara mengonsumsi buah seperti yang sudah disebutkan di atas.

loading...
Tags:buah sehat untuk pencernaan