Makanan untuk Memperlancar Menstruasi

By Categories : Kesehatan

Menstruasi atau haid merupakan fase perubahan fisiologis dalam tubuh yang dialami oleh wanita. Fase ini terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Menstruasi akan terjadi pada masa remaja hingga  masa tua yang disebut dengan monopose. Untuk siklus menstruasi secara umum rata-rata terjadi selama 28 hari bagi setiap wanita, namun siklus datang bulan ini tidak hampir semua wanita memiliki siklus yang sama hal itu dikarenakan oleh tingkat hormon seseorang naik turun seiring waktu.

Hormon yang tidak normal akan menyebabkan menstruasi menjadi tidak lancar. Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri yang berlebihan, bahkan dapat menyebabkan pingsan ketika menahan rasa sakit pada saat menstruasi datang. Supaya Anda tidak mengalami hal itu dan menstruasi Anda tetap lancar maka Anda bisa memperhatikan ulasan berikut ini yang mungkin bisa memberikan solusi bagi Anda setiap kali mengalami datang bulan yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang dapat memperlancar menstruasi. Maka dengan begitu Anda tidak harus mengonsumsi obata-obatan untuk memperlancar menstruasi Anda, karena itu justru akan menyebabkan sumber penyakit bagi tubuh Anda. Adapun makanan untuk memperlancar menstruasi sebagai berikut.

assds

Jenis Makanan untuk Memperlancar Menstruasi yang Perlu Anda Ketahui

Makanan Asam

Makanan untuk memperlancar menstruasi yang pertama adalah makanan asam, mekanan ini memang sangat dipercaya dapat mempelancar menstruasi. Makanan ini berasal dari bahan alami seperti asam jawa yang dapat berbentuk minuman ataupun makanan. Hal itu dikarenakan asam jawa memiliki kandungan zat kurkumin yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, maka dengan begitu siklus menstruasi pun akan terjaga.

Buah-buahan

Jika menstruasi tidak kunjung datang setelah melakukan cara yang pertama, maka Anda bisa menggunakan cara yang kedua dengan mengkonsumsi buah-buahan yang segar. Tidak semua buah memiliki manfaat untuk melancarkan menstruasi, buah yang dapat dimanfaatkan contohnya buah nanas, pepaya dan mangga. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa mengkonsumsi minimal tiga kali sehari dan lihat hasilnya ketika pada saat hari ketiga sampai dengan satu minggu.

Wijen

Wijen yang sering kali kita temukan pada makanan onde-onde, roti dan lain sebagainya ini memiliki manfaat untuk memperlancar menstruasi yang tidak kunjung datang. Caranya cukup dengan menjadikan wijen sebagai taburan menu masakan Anda. Sebaiknya ketika mengkonsumsi wijen ini pada saat seminggu sebelum tanggal biasanya Anda mengalami menstruasi.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai jenis makanan untuk memperlancar menstruasi. Tapi selain mengonsumsi beberapa makanan yang telah disebutkan di atas, juga harus diimbangi dengan berolahraga. Karena dengan berolahraga justru semakin mempercepat fase menstruasi Anda. Baca juga Tips mengatasi telat datang bulan.

loading...
Tags:kumpulan makanan agar haid lancar, buah untuk memperlancar haid, cara memperlancar haid, buah untuk melancarkan haid yang terlambat, makanan memperlancar haid, memperlancar haid, makanan untuk memperlancar haid, buah untuk melancarkan haid, makanan untuk melancarkan haid, buah memperlancar haid, minuman memperlancar haid, manfaat nanas untuk wanita haid, buah yg melancarkan menstruasi, makanan memperlancar datang, buah yang melancarkan haid