Jenis Makanan Vegetarian yang Baik Untuk Tubuh

By Categories : Kesehatan

Vegetarian merupakan gaya hidup yang mungkin banyak orang yang menganggap sesuatu yang aneh dalam pola makan yang hanya memakan sumber nabati saja. Belakangan ini banyak sekali orang memilih menjalani hidup sehat dengan menjadi vegetarian dengan menghindari pola makan yang mengandung daging. Menjadi vegetarian benyak sekali keuntungan yang akan didapatkan, maka dari itulah banyak orang yang menjadi vegetarian sebagai gaya hidup sehat mereka. Nah berbicara mengenai vegetarian, sekarang ini banyak sekali vegetarian yang masih belum tahu cara untuk mendapatkan dosis makanan yang lengkap dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Hal ini sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh seorang vegetarian. Di sini akan dijelaskan bebereapa jenis makanan vegetarian yang memiliki sumber nutrisi yang banyak dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Jenis Makanan Vegetarian

Jenis Makanan Vegetarian yang Bisa Anda Coba

Sayuran

Sayuran merupakan bagian terpenting sebagai menu makanan untuk orang yang menjadi vegetarian. Saat ini penting Anda ketahui bahwa sayuran merupakan jenis makanan yang sangat penting untuk menyehatkan tubuh dibandingkan dengan daging. Hal tersebut dikarenakan semua jenis sayuran sangat banyak mengandung protein, vitamin, dan semua zat yang diperlukan dalam tubuh. Meskipun kandungan protein yang terdapat dalam sayuran tidak sebanyak daging, tapi Anda jangan khawatir karena bisa dipastikan tubuh Anda tetap dapat menerima asupan protein yang seimbang dalam tubuh. Selain itu dengan semua makanan yang berasal dari sayur-sayuran tidak ada yang menghasilakan lemak, maka manfaat yang Anda dapatkan adalah terhindar dari berbagai penyakit seperti obesitas, kolesterol, stroke, hingga penyakit jantung.

Buah-buahan

Selanjutnya adalah buah-buahan. Buah-buahan merupakan makanan yang sangat penting juga untuk dikonsumsi oleh seorang vegetarian sebagai penyeimbang nutrisi dalam tubuh. Karena buah-buahan itu sendiri banyak mengandung mineral, vitamin, dan kandungan lainnya yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang entah itu bagi vegan ataupun lainnya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, untuk jenis menu makanan yang memiliki nutrisi sebagai penyeimbang kesehatan vegetarian adalah kacang-kacangan. Banyak sekali para ahli megatakan bahwa jenis kacang-kacangan seperti almond, kismis, pisthacio dan walnut ini memiliki sumber protein yang sangat tinggi. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan protein, serat, vitamin dan zat besi yang diperlukan dalam tubuh Anda bisa mencampurkan menu makan vegan Anda dengan salah satu jenis dari kacang-kacangan tersebut.

Zat Gizi yang Perlu Diperhatikan Vegetarian

Setelah mengetahui tentang jenis makanan vegetarian yang tepat Anda juga harus memperhatikan beberapa zat gizi penting jika ingin menjadi seorang vegetarian. Seperti yang Anda ketaui seorang vegetarian tidak mengonsumsi daging. Sehingga jika pola makan serta zat gizi tidak diperhatikan ada risiko yang dapat menyebabkan kekurangan beberapa asupan nutrisi penting dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah nutrisi penting yang perlu dipenuhi para vegetarian.

Vitamin D

Selain dapat memperolehnya dari sinar matahari, sumber vitamin D terbaik bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan, seperti sereal, minuman kedelai serta suplemen vitamin D. Jika ingin mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen, pastikan Anda membaca label produk mulai dari tanggal kadaluarsa, komposisi dan lainnya.

Protein

Asupan nutrisi yang harus dipenuhi selanjutnya adalah protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang berguna untuk menjaga organ tubuh, tulang, otot dan kulit tetap sehat. Seorang vegetarian bisa memperoleh asupan vitamin D dari biji-bijian, produk kedelai serta kacang-kacangan.

Kalsium

Berikutnya adalah kalsium. Tubuh sangat memerlukan kalsium untuk membangun tulang dan gigi agar tetap sehat.  Umumnya kalsium dapat diperoleh dari keju, yoghurt dan produk susu lainnya. Akan tetapi bagi para vegetarian, sumber kalsium alami dapat mereka peroleh dari produk kedelai, seperti tahu, tempe, kismis, biji wijen dan lainnya.

Zat Besi

Agar sel darah merah tetap seimbang tubuh memerlukan zat besi. Oleh karena itu tubuh sangat membutuhkan nutrisi yang satu ini. Selain daging, makanan kaya zat besi yang dapat dikonsumsi vegetarian adalah sayuran hijau, gandum utuh, biji-bijian serta buah yang dikeringkan.

Iodin

Iodin sendiri merupakan salah satu komponen hormon tiroid yang berfungsi untuk membantu mengatur proses metabolisme, fungsi organ serta pertumbuhan. Seseorang yang menerapkan pola makan vegetarian, berisiko tidak mendapatkan asupan iodin dalam setiap harinya. Namun jangan khawatir, Anda bisa mencukupinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung iodin tinggi, seperti brokolo, kembang kol, kubis, kacang kedelai dan kentang manis.

Asam lemak omega  3

Nutrisi yang satu ini sangat penting untuk melindungi organ jantung. Umumnya asam lemak dapat diperoleh dari telur dan ikan. Akan tetapi seorang vegetarian tidak mengonsumsi makanan tersebut, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi minyak kedelai, minyak kanola dan kacang kedelai.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai jenis makanan vegetarian untuk memenuhi sumber nutrisi yang diperlukan dalam tubuh lengkap dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Baca artikel terkait mengenai Keuntungan menjadi vegetarian.

loading...
Tags:makanan vegetarian, jenis makanan vegetarian, contoh makanan vegetarian, macam macam makanan vegetarian, makanan untuk vegetarian, menu makanan vegetarian, contoh menu vegetarian, senarai makanan vegetarian, makanan fegetarian, berbagai macam jenis makanan yang baik untuk vegetarian, macam-macam vegetarian, Jenis makanan fegetarian, yang boleh dikonsumsi saat makan vegetarian, jeniss makanan vegetarian, Kategori makanan vegetarian