Jenis Makanan yang Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah

By Categories : Kesehatan

Sirkulasi darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang digunakan untuk memindahkan zat ke sel dan dari sel. Sirkulasi darah sendiri memiliki fungsi yaitu menstranspor nutrien ke jaringan, mengantarkan hormon dari satu jaringan ke jaringan lain serta untuk fungsi metabolisme sel- sel tubuh. Secara umum sirkulasi darah di dalam tubuh manusia ada 2 bagian yaitu:

Pembagian Sistem Sirkulasi

  1. Sistem sirkulasi besar (umum): Sistem sirkulasi darah ini mengalir dari jantung kiri menuju ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.
  2. Sistem sirkulasi kecil (paru-paru): Sedangkan untuk sistem sirkulasi darah kecil mengalir dari jantung kanan menuju paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung.

Mengingat betapa pentingnya sirkulasi darah bagi tubuh, maka kita harus menjaga kesehatannya. Salah satu komponen penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat melancarkan sirkulasi darah.

Makanan yang Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah

Makanan yang Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah

Buah yang Mengandung Vitamin C

Jenis makanan pertama yang dapat melancarkan sirlukasi darah adalah berbagai macam buah yang mengandung vitamin C. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah plak pada arteti serta dapat memperkuat dinding kapiler. Beberapa sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi adalah buah jeruk, strawberry, kiwi, mangga dan lainnya.

Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman obat herbal yang sudah tidak dapat diragukan lagi khasiatnya. Tahukah Anda ada apa saja manfaat jahe untuk kesehatan? Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin serta mengatasi sakit tenggorokan. Kandungan vitamin dan nutrisi pada jahe juga sangat ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Ikan Salmon

Makanan yang dapat melancarkan sirkulasi darah selanjutnya adalah ikan salmon. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon sangat berguna untuk meningkatkan serta melancarkan aliran darah. Meskipun jenis ikan yang satu ini cukup mahal, setidaknya Anda dapat mengonsumsinya 2 kali dalam seminggu. Selain itu, mengonsumsi ikan salmon juga dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung serta mencegah stroke.

Aneka Buah Merah

Pada umumnya buah merah berguna untuk meningkatkan penglihatan seseorang. Ini karena segala buah merah kaya akan vitamin A. Namun tak hanya itu. Buah merah juga kaya akan likopen yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh. Anda dapat menemukan likopen dianeka buah merah seperti tomat, wortel, apel dan juga semangka.

Nah itulah beberapa makanan yang dapat melancarkan sirkulasi darah. Selain makanan tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan bawang putih untuk melancarkan sirkulasi darah Anda. Ini karena bawang putih juga mengandung zat yang dapat mencegah plak pada dinding arteri. Baca juga artikel penting lainnya mengenai Tips menurunkan tekanan darah tinggi.