Jenis Makanan yang Merusak Kesehatan Gigi

By Categories : Kesehatan

Tidak semua makanan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Terdapat jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata ada juga yang berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya  gigi. Untuk jenis makanan tersebut sebagian besar merupakan makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan erosi pada enamel yang dapat meningkatkan kepekaan gigi terhadap suhu panas, dingin, manis dan asam.

Sebenarnya meskipun kondisi tersebut dapat diantisipasi dengan menggunakan pasta gigi tertentu, namun jika kerusakan enamel gigi telah memburuk hal ini dapat membuat gigi menjadi berpori dan berlubang.

rusak

Sebelum kita membahas mengenai jenis makanan yang merusak kesehatan gigi, Anda perlu mengetahui tanda-tanda awal jika terjadi masalah pada kesehatan gigi. Caranya selain menghindari makanan yang dapat membuat gigi rusak juga selalu menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi khusus dan pastikan selalu untuk memeriksakan ke dokter untuk sekedar kontrol saja.

Berikut Jenis Makanan Yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

  • Permen atau Karamel

Salah satu makanan yang sangat disukai oleh anak kecil ini merupakan makanan yang dapat merusak kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan permen atau karamel mengandung gula yang tinggi dan membutuhkan waktu yang lumayan lama di dalam mulut hingga habis dicerna. Maka tidak heran jika banyak anak kecil yang rusak giginya karena terbiasa makan permen atau karamel.

  • Makanan Yang Mengandung Asam

Terdapat pendapat jika irisan lemon dapat membuat gigi putih, maka Anda perlu memikirkan kembali pendapat tersebut karena kandungan jeruk banyak mengadung zat asam di dalamnya. Menurut Dr. Dabhorkar kandungan asam sangat berbahaya untuk kesehatan gigi seperti menyebabkan gigi berlubang. Makanan yang mengandung asam selain jeruk lemon adalah tomat, anggur, dan lainnya.

  • Makanan Bertepung

Jenis makanan yang dapat merusak kesehatan gigi selanjutnya adalah makanan bertepung. Kita memang banyak mengonsumsi makanan yang bertepung, seperti makan roti, pizza dan makanan lainnya yang dapat dengan mudah bersarang pada sela-sela gigi Anda yang dapat barakibat pada kesehatan gigi Anda. Memang makanan bertepung tidak mengandung banyak gula, namun hal yang harus Anda ketahui kandungan pati yang ada dalam makanan tersebut dapat berubah menjadi kandungan gula karena disebabkan oleh proses presigestive dari dalam mulut tersebut.

  • Buah-buahan Yang Dikeringkan

Manisan atau buah-buahan yang dikeringkan ini sangat berbahaya, hal ini dikarenakan kandungan gulanya terkonsentrasi dan lengket. Bisanya untuk buah-buahan kering seperti kismis, plum, ataupun aprikot ini Anda perlu hati-hati karena berpotensi dapat merusak enamael gigi.

Itulah penjelasan mengenai jenis makanan yang dapat merusak kesehatan gigi Anda. Semoga setelah mengetahui hal ini Anda semakin berhati-hati untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Baca juga artikel tentang Efek samping permen karet bagi kesehatan.

loading...
Tags:makanan yg merusak gigi