Jenis Penyakit Kulit dan Pencegahannya

By Categories : Kesehatan

Kulit menjadi bagian tubuh yang memiliki peranan penting bagi tubuh manusia. Ini karena kulit berguna untuk menutupi semua bagian organ dalam tubuh, sehingga penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Jika seseorang mengalami salah satu jenis penyakit kulit, tentu saja hal ini dapat mengganggu penampilan serta dapat menurunkan percaya diri.

Selain melindungi organ tubuh manusia, kulit juga sangat berguna untuk mengatur suhu tubuh. Salah satu kondisi kulit yang sulit diperkiraan adalah saat kulit mengalami iritasi serta menimbulkan ruam kemerahan. Karena hal tersebut maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam penyakit kulit serta bagaimana cara mencegahnya.

jenis penyakit kulit

Pada umumnya ada beberapa penyebab penyakit kulit, seperti kurang menjaga kesehatan badan dan lingkungan, alergi dan lainnya. Agar lebih mudah mengatasinya, berikut adalah jenis penyakit kulit dan pencegahannya yang perlu diketahui.

Inilah Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mencegahnya

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh sehingga sangat mudah terserang penyakit. Ada berbagai macam penyakit kulit yang sering diderita orang. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Jerawat

Hampir setiap orang pernah mengalami masalah kulit yang satu ini. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan karena adanya gangguan pada bagian kelenjar kulit. Kotoran, debu dan juga polusi udara dapat masuk dengan mudah lewat pori-pori wajah. Dan pada akhirnya jerawat terbentuk pada bagian pori-pori. Untuk mengatasi dan mencegah jerawat, yang perlu dilakukan adalah selalu membersihkan wajah secara teratur, menghindari makanan penyebab jerawat, minum air putih yang cukup, dan menghindari stres yang dapat memicu produksi hormon yang berlebih.

Ada berbagai jenis untuk mengobati jerawat. Langkah yang paling efektif adalah dengan menggunakan masker dari buah tomat dan madu. Anda juga dapat menggunakan perasan jeruk lemon yang dicampur dengan madu kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat. Selain itu Anda juga dapat menempelkan mentimun sehingga dapat mencegah infeksi akibat jerawat.

Herpes

Yang kedua adalah herpes, penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varisella ini dapat mengakibatkan kulit penderitanya mengalami ruam, gatal-gatal dan panas. Herpes biasanya memiliki gejala awal seperti ruam pada kulit, adanya bintik-bintik kecil. Setelah itu herpes akan menyebabkan rasa panas dan terbakar pada kulit. Jika bagian yang gatal tersentuh maka dapat menyebabkan infeksi di daerah sekitarnya. Cairan herpes yang pecah dapat menular ke orang lain. Gejala yang lebih lanjut dapat menyebabkan sakit di kepala, demam, serta akan mudah lelah.

Cara mengatasi herpes adalah dengan menggunakan krim khusus yang mengandung antibiotik. Selain itu, jika sudah terkena infeksi lebih lanjut maka Anda sebaiknya melakukan vaksinasi agar kekebalan tubuh terhadap serangan virus varisella.

Eksim

Eksim atau yang lebih dikenal sebagai dermatitis atopik merupakan jenis penyakit kulit selanjutnya. Ini merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang dapat terjadi dalam waktu yang lama. Bahkan tidak sedikit penderita eksim yang merasa putus asa karena sangat mengganggu aktivitas. Timbulnya eksim dimulai dari munculnya benjolan kecil yang kemudian berkembang menjadi ruam. Jika semakin parah maka eksim tersebut dapat menimbulkan infeksi. Biasanya eksim tumbuh di bagain seperti tangan, siku, lutut, kaki dan dapat menyebar jika menjadi eksim lanjut.

Gejala awal penyakit ini adalah terjadi ruam dan juga kulit kering. Jika kulit ruam dan kering tersebut digaruk maka akan dapat menimbulkan infeksi bakteri. Jenis bakteri yang paling sering ditemukan adalah bakteri streptococus dan juga staphioccusCara mengatasi dan pencegahan eksim adalah dengan cara menggunakan salep kulit yang mengandung belerang dan juga antibiotik.

Kanker kulit

Berikutnya adalah kanker kulit.  Kanker merupakan salah satu penyakit yang sering ditakuti oleh banyak orang. Tak terkecuali dengan kanker kulit. Pada umumnya ada dua jenis kanker kulit, yaitu kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Kedua jenis kanker kulit ini lebih berbahaya jika dibandingkan dengan kanker kulit lainnya.

Panu

Sama halnya dengan jerawat,  panu pun merupakan penyakit kulit yang sangat umum diderita oleh semua orang. Panu dapat menimbulkan bercak ptih dan akan terus menyebar jika dibiarkan. Panu tumbuh karena infeksi jamur yang menyerang di bagian pigmen kulit. Infeksi panu dapat membuat kulit menjadi putih. Gejala penyakit ini adalah timbulnya rasa gatal  yang biasanya tumbul di bagian leher, punggung, dan dada. Panu akan lebih mudah muncul pada kulit yang mengalami perubahan terhadap cuaca panas, kulit berminyak, dan kekebalan tubuh yang rendah.

Cara mengatasi panu adalah memberikan salep atau  krim khusus untuk kulit yang terkena panu. Sedangkan cara mencegahnya adalah dengan cara menghindari kontak dengan penderita panu secara langsung. Karena jenis penyakit kulit ini merupakan salah satu penyakit menular.

Nah itulah beberapa jenis penyakit kulit dan pencegahannya.

loading...
Tags:jenis penyakit kulit, penyakit gatal, jenis jenis penyakit kulit, macam macam kulit gatal, macam macam penyakit kulit, macam penyakit kulit, penyakit gatal kulit, penyakit kulit gatal