Jenis Teh Herbal dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Teh herbal adalah minuman yang terbuat dari akar, biji, bunga, daun ataupun buah kering yang diseduh. Teh herbal juga memiliki aroma yang sangat harum. Meskipun memiliki nama teh herbal, jenis minuman ini sama sekali tidak mengandung daun dari tanaman teh yaitu Camellia sinensis. Selain enak, teh herbal juga berguna untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Agar lebih jelas, berikut adalah jenis teh herbal dan khasiatnya untuk kesehatan.

Jenis Teh Herbal

Jenis Teh Herbal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Teh Juniper

Jenis teh herbal yang pertama adalah teh juniper. Teh ini terbuat dari juniper atau buah yang sejenis berry. Kandungan dari dalam buah ini bermanfaat untuk proses detoksifikasi yaitu untu mempertahankan cairan dalam tubuh dan mengeluarkan racun. Tak hanya itu saja, sifat antiseptik pada buah ini juga dapat mencegah peradangan pada kandung kemih. Sehingga mengonsumsi teh ini secara rutin dapat menjaga kesehatan dan tubuh Anda tetap fit.

Teh Chamomile

Teh Chamomile atau Chamomile tea merupakan teh herbal yang terbuat dari bunga Chamomile. Jika Anda memiliki insomnia akut, Anda dapat memanfaatkan teh herbal ini sebagai obat tidur Anda. sehingga kualitas tidur Anda dapat lebih baik dan terjaga. Selain itu, mengonsumsi teh Chamomile juga dapat meringankan gejala flu, menenangkan perut, antidepresan dan menenangkan saraf tubuh serta dapat mengatasi kram perut pada saat wanita menstruasi.

Teh Gingseng

Seperti yang Anda ketahui teh gingseng kaya akan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Teh gingseng ini terbuat dari akar tanaman gingseng. Teh herbal yang satu ini dipercaya dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengurangi resiko terkena kanker dan juga dapat memulihkan libido seseorang.

Teh jahe

Jenis teh herbal selanjutnya adalah teh jahe. Teh jahe sangat ampuh untuk mengatasi dan meredakan mabuk perjalanan. Hal ini dikarenakan teh jahe dapat memberikan rasa nyaman pada syaraf perut. Sehingga perut akan lebih nyaman dan tenang. Mengonsumsi teh jahe jauh lebih efektif dan sehat dibandingkan dengan minum pil penghilang rasa mual. Tak hanya itu saja manfaatnya, teh jahe juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan dan mambantu untuk menyegarkan napas.

Peppermint

Jika Anda sedang mengalami perut kembung tidak usah repot-repot untuk membeli obat di apotik. Anda dapat memanfaatkan teh herbal dari peppermint untuk mengatasinya. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu ambillah 2 sendok teh peppermint kering masukkan ke dalam cangkir dan tambahkan air panas ke dalamnya. Tutup cangkir dan biarkan beberapa menit. Setelah warna air berubah, Anda dapat menyaring ramuan tersebut dan mengonsumsinya.

Nah itulah beberapa jenis teh herbal dan khasiatnya untuk kesehatan yang dapat Anda coba. Baca juga artikel terkait tentang Khasiat teh putih untuk kesehatan.

loading...
Tags:teh herbal, macam macam teh herbal, jenis teh herbal, cara agr cepat datang bulan, Kasiat teh herbal, Teh helbal