Kandungan dan Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Daun kelor atau yang biasa disebut dengan Moringa oleifera merupakan tumbuhan yang memiliki daun berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang sangat kecil. Sejak zaman dahulu daun ini memang sudah dimanfaatkan sebagai sayur ataupun untuk pengobatan. Kandungan vitamin dan nutrisi pada daun kelor berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) berikut adalah beberapa kandungan vitamin dan nutrisi pada daun kelor!

khasiat daun kelor

Kandungan vitamin dan nutrisi pada daun kelor menurut WHO

  • Mengandung vitamin A empat kali lipat lebih banyak daripada wortel
  • Mengandung vitamin C tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jeruk
  • Mengandung potasium tiga kali lipat daripada buah pisang
  • Mengandung protein dua kali lipat lebih banyak daripada susu
  • Mengandung kalsium empat kali lipat dibandingkan dengan susu

Nah itulah beberapa kandungan vitamin dan nutrisi daun kelor. Lalu apa saja khasiat daun kelor untuk kesehatan? Berikut ulasannya!

Menjaga kesehatan jantung

Khasiat daun kelor yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian,  potasium merupakan salah satu zat yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan jantung sehat dan baik Anda dapat mengonsumsi daun kelor dalam bentuk sayur ataupun olahan makanan lainnya. Tak hanya menjaga kesehatan jantung. Potasium juga berguna untuk menjaga kesehatan otak dan saraf.

Mencegah osteoporosis

Khasiat yang kedua adalah untuk mencegah osteoprosis. Osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kadar kalsium dalam tubuh. Masyarakat awam pasti mengira bahwa salah satu sumber makanan yang kaya akan kalsium adalah susu. Akan tetapi seperti yang Anda ketahui daun kelor mengandung kalsium empat kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan susu. Sehingga Anda dapat mengganti susu dengan daun kelor untuk menguatkan tulang serta untuk mencegah osteoporosis.

Mengobati sariawan

Khasiat daun kelor selanjutnya adalah digunakan untuk mengobati sariawan. Untuk mengatasi sariawan obat paling ampuh adalah makanan yang kaya akan vitamin C, selain mengonsumsi suplemen vitamin C, buah kaya vitamin C Anda juga dapat mengonsumsi daun kelor. Kandungan  vitamin C yang tinggi pada daun kelor bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Selain itu, vitamin C pada daun kelor juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun kelor inilah yang menyebabkan tumbuhan ini berguna untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu saja, vitamin A pada daun kelor juga berguna untuk mengatasi dan mencegah penyakit kulit, gangguan pencernaan, mecegah kanker hingga memabntu penyembuhan luka.

Demikianlah ulasan tentang kandungan dan khasiat daun kelor untuk kesehatan.

loading...
Tags:khasiat daun kelor, manfaat daun kelor