Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Manfaat telur puyuh bagi kesehatan seringkali ditanyakan oleh banyak orang. Jika dibandingkan dengan telur ayam bentuk fisik dari telur puyuh memang terlihat lebih kecil. Namun meskipun begitu, telur mungil ini kaya akan vitamin serta nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Siapa yang tidak menyukai telur? Hampir setiap orang pastinya menyukai makanan yang satu ini. Telur merupakan salah satu makanan berprotein tinggi yang seringkali dijadikan menu sarapan sehat dan juga nikmat. Beruntunglah kita sebagai penduduk Indonesia, mengapa demikian? Karena jenis telur ini bisa didapatkan dengan mudah dan pastinya dengan harga yang relatif murah.

Tahukah Anda bahwa di kawasan Amerika Utara dan Eropa Barat telur puyuh dianggap sebagai makanan mewah dan pastinya memiliki harga yang cukup mahal. Sedangkan di Negara  Cina, dulu para praktisi medis menggunakan telur sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kesehatan yang diderita seseorang. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda mengetahui apa saja manfaat dari telur puyuh.

Sebelum membahas mengenai apa saja manfaatnya, ketahui dulu apa saja kandungan yang ada di dalam telur puyuh. Telur yang memilki berat 10 hingga 12 gram ini memiliki nilai gizi tiga hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan telur ayam yang memiliki berat 50 hingga 70 gram per butir. Untuk lebih jelasnya berikut adalah kandungan gizi telur puyuh lengkap dengan manfaatnya.manfaat-telur-puyuh

Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Telur puyuh mengandung 13 persen protein, sedangkan telur ayam hanya mengandung 11 persen saja. Tak hanya kaya protein saja, telur puyuh juga mengandung 140 mu-g vitamin B1. Kandungan vitamin A dan vitamin B2 pada telur puyuh juga dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam.

Sedangkan potasium dan zat besi yang terkandung dalam telur puyuh lima kali lebih banyak daripada telur ayam. Hal inilah yang membuat telur puyuh masuk ke dalam kategori dietary food. Lantas apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga khasiat kuning telur untuk kesehatan tubuh

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya wortel saja yang kaya akan vitamin A, telur puyuh juga kaya vitamin A yang dapat menjaga mata agar tetap sehat. Tak hanya kaya vitamin A saja, telur puyuh  juga mengandung lutein dan zeaksantin. Kedua senyawa tersebut memiliki peranan untuk meningkatkan cahaya biru 20 hingga 90 persen. Dengan begitu, mata akan terbebas dari masalah kesehatan seperti katarak dan lainnya.

Meningkatkan Fungsi Otak

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, perkembangan dan fungsi otak tentu saja akan sedikit demi sedikit menurun. Untuk mencegah hal ini mulailah untuk mengonsumsi telur puyuh. Kandungan kolin dalam telur puyuh mampu mempertahankan fungsi dan kinerja otak. Sehingga otak pun masih tetap berjalan optimal meskipun usia tak muda lagi.

Mengatasi Gejala Alergi

Berbeda dengan telur ayam yang dapat menyebabkan alergi, telur puyuh mengandung protein yang bernama ovomucoid yang sangat ampuh untuk mengatasi alergi. Dalam dunia farmasi, jenis protein tersebut digunakan untuk produksi obat antialergi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi telur puyuh sebagai makanan sehari-hari.

Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil dan janin pun sudah tidak diragukan lagi. Hal ini karena telur puyuh kaya akan kolin yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin. Sehingga ketika terlahir ke dunia, si kecil dapat tumbuh menjadi orang yang sehat dan cerdas. Selain itu, kolin pada telur puyuh juga dapat menurunkan risiko bayi kahir cacat. Sedangkan untuk ibu, kandungan zeaksantin dan lutein mampu melindungi mata dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sumber Protein Baik

Seperti yang diketahui protein merupakan salah satu nutrisi yang harus dicukupi dalam setiap harinya. Protein sendiri berfungsi untuk memelihara sel tubuh, mendukung metabolisme tubuh, sumber energi, menjaga kesehatan jantung, mengurangi depresi dan masih banyak lagi. Banyaknya kandungan protein dalam telur puyuh, membuat nutrisi tersebut dapat diserap oleh tubuh lebih maksimal. Telur puyuh juga merupakan salah satu makanan penambah berat badan jika Anda ingin memiliki tubuh yang ideal dan proporsional.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat pastinya dapat terhindar dari berbagai penyakit. Selain mengonsumsi vitamin C yang memiliki manfaat sama, tak ada salahnya jika Anda juga mengonsumsi telur puyuh. Kandungan nutrisi yang ada pada telur ini bisa digunakan untuk mempertahankan daya imun tubuh. Mengonsumsi 3 hingga 5 butir telur puyuh juga berguna untuk memperbaiki proses metabolisme tubuh. Sehingga tubuh akan selalu sehat, bugar dan berenergi.

Demikianlah ulasan mengenai kandungan gizi  dan manfaat telur puyuh untuk kesehatan tubuh.

loading...
Tags:gizi dalam telur puyuh, vitamin apa yg terkandung dalam telur puyuh, vitamin pada telor puyuh