Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Perut Buncit

By Categories : Kesehatan

Perut buncit merupakan permasalahan yang dapat mengurangi penampilan. Terkadang seseorang merasa kurang percaya diri akibat perut buncit pada tubuhnya. Perut buncit tidak hanya pada seseorang yang mengalami obesitas, melainkan juga pada seseorang dengan tubuh kurus. Berbagai upaya dapat dilakukan seperti melakukan program diet, dan juga melakukan olahraga secara teratur. Meskipun begitu ada baiknya jika mengetahui penyebab atau kebiasaan yang dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Perut Buncit

Berikut Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Perut Buncit

Terlalu Sering Minum Soda

Kebiasaan yang dapat menyebabkan perut buncit yang pertama adalah terlalu sering minum-minuman bersoda. Minuman bersoda memang terasa menyegarkan jika diminum, namun Anda perlu berhati-hati ketika terlalu sering minum minuman bersoda. Pasalnya minuman bersoda dapat menyebabkan perut menjadi buncit dengan lingkar pinggang yang semakin melebar. Kadar gula yang tinggi pada minuman bersoda juga dapat menyebabkan terkena penyakit diabetes.

Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama duduk dalam jangka panjang dapat menjadi penyebab kenapa perut menjadi buncit. Cara ini membutuhkan proses yang lama, namun tanpa disadari proses ini terasa cepat. Hal ini berlaku pada mereka yang bekerja di depan komputer selama berjam-jam. Untuk itu ketika waktu istirahat atau waktu luang sebaiknya dialihkan untuk berjalan-jalan di sekitar ruangan agar terhindari dari rasa stress dan lelah pada mata.

Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan yang dapat menyebabkan perut buncit berikutnya adalah makan terburu-buru atau terlalu cepat. Penyebab ini terlihat sepele, tetapi jika terus dilakukan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tampilan perut berbeda dari umumnya alias terlihat lebih buncit. Ini dikarenakan kandungan nutrisi yang masuk pada tubuh tidak dapat terserap dengan baik, yang menjadikan seseorang merasa lapar lebih cepat. Jika perut terasa lapar secara otomatis orang tersebut akan makan lagi.

Pola Makan yang Tidak Teratur

Yang keempat adalah pola makan yang tidak teratur. Pola makan tidak teratur akan menyebabkan perut buncit. Hal ini dipicu ketika seseorang terlambat makan, mereka akan merasa kenyang berlebih, dibandingkan dengan mereka yang makan teratur. Akibat dari makan tidak teratur, orang tersebut cenderung memiliki porsi makan dalam jumlah yang banyak dan kurang wajar. Hal tersebutlah yang menyebabkan kenapa seseorang mengalami perut buncit.

Makan Ketika Ingin Tidur

Yang terakhir adalah mengonsumsi makanan ketika ingin tidur. Makan menjelang tidur rupanya sudah menjadi hal biasa bagi sebagian orang. Hal tersebut tanpa disadari dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas serta menyebabkan perut menjadi buncit. Kebiasaan buruk ini sebaiknya perlu dihindari bagi Anda yang tidak ingin memiliki perut buncit. Cara tepat untuk menghindarinya adalah dengan cara makan secara tepat waktu, dengan begitu porsi makan lebih dapat diatur dengan baik.

Demikianlah ulasan mengenai kebiasaan yang dapat menyebabkan perut buncit, yang terpenting adalah untuk melakukan olahraga secara teratur. Baca juga artikel terkait mengenai Tips mengatasi perut buncit.

loading...