Kenali Gejala Keracunan Makanan yang Perlu Anda Waspadai

By Categories : Kesehatan

Keracunan makanan merupakan sebuah kondisi yang muncul setelah mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme menular seperti contohnya bakteri, virus ataupun parasit lainnya. Selain itu keracunan makanan juga bisa di artikan sebagai kondisi peradangan akut pada selaput lendir lambung atau usus kecil yang dapat mengancam nyawa korban jika tidak di tangani dengan cepat. Sebagian racun dapat menyebabkan keracunan secara langsun ataupun dalam waktu tidak langsung dan biasanya dalam kasus ini tentu saja disertai dengan gejala keracunan makanan seperti mual ataupun muntah-muntah.
gejala keracunan makanan
Makanan memang sangat rentan terkonaminasi bakteri, virus ataupun parasit jika tidak di masalah dan di simpan dengan baik. Untuk makanan yang paing sering menyebabkan keracunan contohnya seperti produk olahan susu, daging, ikan, telur dan berbagai makanan siap saji lainnya. Maka oleh karena itulah perlunya berhati-hati ketika memilih dan mengonsumsi makanan agar tidak mengakibatkan keracunan. Lantas apa saja gejala keracunan makanan? Langsung saja perhatikan ulasa berikut ini!

Inilah Gejala Keracunan Makanan yang Perlu Anda Waspadai

Seperti pada penjelasan di atas, gejala keracunan makanan biasanya di awali dengan ras mual, sakit perut dan muntah-muntah ataupun terasa nyeri pada perut yang datang secara tiba-tiba. Sebenarnya gejala keracunan makanan berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

Keracunan Makanan Disebabkan Oleh Bakteri
Gejala keracunan makanan pertama adalah disebabkan oleh bakteri. Biasanya seseorang yang mengalami keracunan makanan akibat bakteri ini akan merasakn gejala seperti merasa kehinglangan kemampuan motorik seperti kemampuan berbicara, bergerak, mulut terasa kering, muntah dan mengalami kesulitan untuk menelan segala seuatu yang masuk dalam mulut. Jika kondisi ini tidak di tangani dengan cepat maka akan dapat membahayakan nyawa korban.

Keracunan Makanan Disebabkan Oleh Virus
Keracunan makanan yang disebabkan oleh virus adalah salah satu keracunan yang sering kali dialami oleh setiap orang. Dalam hal ini gejalanya dapat berlangsung secara langsung ataupun pada kemudian harinya semua tergantung dari jenis virus.

Keracunan Makanan Disebabkan Oleh Kuman
Terakhir adalah disebabkan oleh kuman. Gejala keracunan makanan yang satu ini biasanyaakan membuat korban merasakan pada perutnya, mengalami diare, dan mntah-muntah. Biasaya untuk gejala tersebut akan di alami satu jam setelah korban memakan makanan yang terkontaminasi oleh kuman tersebut.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai gejala keracunan makakan yang dapat Anda wapadai. Nah untuk cara mencegah agar tidak mengalami keracunan makanan, sebaiknya Anda mengurangi intensitas  mengonsumsi makanan di luar seperti jajanan di pinggir jalan, ataupun lainnya. Untuk menghindarinya alangkah baiknya jika Anda dapat memasak sendiri makanan yang akan Anda konsumsi. Baca juga artikel terkait lainnya Tips Mengatasi Keracunan Makanan.