Ketahui 7 Makanan Penambah Darah

By Categories : Kesehatan

Sel darah merah atau disebut dengan eritrosit sangat berperan penting dalam tubuh guna mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Secara umum jumlah sel darah merah dalam tubuh harus stabil tidak boleh kelebihan dan tidak boleh kekurangan. Masalah seperti kekurangan darah atau disebut dengan anemia masih menjadi permasalahan yang sering dialami kebanyakan orang.

makanan penambah darah

Untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah sebenarnya cukup simpel yakni dengan cara mengonsumsi makanan sehat serta melakukan olahraga secara teratur. Ketika tubuh kekurangan darah hal yang dialami seperti pucat, mudah lelah, pusing, bahkan bisa saja pingsan. Nah untuk itu makanan penambah darah sangat dibutuhkan, di bawah ini terdapat 7 makanan penambah darah yang bisa Anda jadikan rekomendasi.

Berikut 7 Makanan Penambah Darah

Udang

Udang termasuk jenis seafood yang sering dikonsumsi orang. Sumber makanan dari laut ini banyak menimbulkan pro dan kontra. Ini disebabkan udang yang dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang, oleh karena itu ketika akan mengonsumsi makanan penambah darah ini sebaiknya mengetahui apakah alergi untuk mengonsumsi atau tidak.

Bayam

Bayam sumber makanan nabatai yang kaya akan manfaat. Bayam mengandung zat besi, kalsium, dan nutrisi penting lain. Nutrisi-nutrisi tersebut yang membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh termasuk untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh. Masak bayam jangan terlalu lama, untuk menjaga nutrisi di dalamnya.

Kangkung

Jenis sayuran ini juga termasuk sebagai makanan penambah darah yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif berikutnya. Sayuran hijau ini juga mengandung zat besi yang berperan untuk membantu meningkatkan darah dalam tubuh, sehingga cocok bagi mereka yang mengalami anemia.

Daging

Makanan penambah darah berikutnya adalah daging. Daging merupakan sumber makanan hewani yang mengandung banyak protein, zat besi, dan serat. Daging yang dapat Anda konsumsi adalah daging sapi. Di dalam daging sapi sebanyak 100 gram terdapat 2,8 Mg zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda.

Ikan

Ikan menjadi sumber makanan penambah darah berikutnya. Terdapat banyak jenis ikan yang bisa Anda konsumsi seperti ikan sarden, ikan tuna, dan ikan salmon. Ikan-ikan tersebut memiliki kandungan zat besi cukup tinggi seperti dalam 100 gram ikan sarden mengandung 2,5 mg zat besi, sementara untuk ikan tuna dan ikan salmon sama-sama mengandung omega 3.

Gandum

Roti yang berbahan dasar gandum mengandung zat besi cukup tinggi. Selain zat besi, gandum juga mengandung serat tinggi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Di samping itu gandum juga menjaga kesehatan jantung serta mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Kurma

Kurma menjadi buah yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan serat, vitamin B kompleks tinggi mampu membantu memproduksi sel darah merah pada tubuh. Kurma juga memberikan asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tidak mudah lelah.

Nah itulah tadi beberapa makanan penambah darah yang dapat Anda ketahui.

loading...
Tags:apakah udang:bisa buat penambah darah, udang penambah darah