Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan memang masih sedikit orang yang mengetahuinya. Belimbing wuluh sering kita kenal dengan nama belimbing sayur. Sehingga para ibu biasanya menggunakan buah ini untuk memasak. Belimbing wuluh berbeda dengan blimbing pada umumnya. Dari rasa sampai bentuknya juga berbeda. Buah yang satu ini berbentuk lonjong memanjang berwarna hijau dan mempunyai rasa yang sangat asam sehingga para ibu sering memakainya untuk memerkuat rasa masakan. Selain itu, belimbing wuluh sering digunakan untuk membuat rujak.

Di Indonesia, belimbing wuluh biasanya sering kita jumpai di pekarangan rumah. Selain digunakan untuk memasak, ternyata tanaman tropis ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hampir semua bagian tanaman dapat digunakan mulai dari buah, daun, batang, dan bunganya. Khasiat belimbing wuluh terbukti efektif untuk kesehatan karena tanaman ini mengandung banyak vitamin yang seperti glukosida, tannin, saponin, peroksida, sulfur, asam format dan kalsium. Orang Indonesia mengenal belimbing wuluh sebagai obat sariawan. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh mengandung vitamin C yang tinggi. Cara cukup dengan mengunyah atau menempelkan pada bagian yang sariawan.

Khasiat lain dari tanaman ini adalah sebagai obat sesak nafas. Untuk membuatnya Anda cukup merebus bunga belimbing wuluh kemudian campurkan gula batu. Anda dapat meminumnya 3 kali sehari. Adapun khasiat belimbing sayur lainnya adalah sebagai berikut.

Khasiat Belimbing Wuluh

Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang mempunyai jerawat, Anda dapat mencoba menghilangkannya dengan belimbing wuluh. Caranya, cuci 3-4 belimbing wuluh kemudian parut dan beri sedikit garam. Setelah halus, tempelkan pada kulit yang berjerawat. Anda dapat menggunakannya sebagai masker. Lakukan cara tersebut sehari dua kali.

Pengobatan Tekanan Darah Tinggi

Belimbing wuluh merupakan buah penurun tekanan darah tinggi yang terbukti efektif. Untuk mengobati tekanan darah tinggi, Anda dapat menggunakan belimbing wuluh yang dicampur dengan biji sari gading. Belimbing wuluh direbus ke dalam panci dan dicampur dengan biji sari gading yang telah dihaluskan. Saring sebelum diminum cukup satu kali sehari. Atau Anda juga dapat langsung memarut buah belimbing wuluh kemudian ambil airnya dan diminum.

Obat Batuk

Khasiat belimbing wuluh sangat efektif membantu mengobati batuk. Anda dapat merebus bunga, buah, dan daunnya kemudian rebus selama setengah jam hingga mendidih. Bagi Anak yang menderia batuk, Anda dapat mencampurkan bunga belimbing wuluh dengan kulit kayu manis, kencur, dan bawang merah. Semuanya direbus, dan Anda saring sebelum diminumkan ke anak. Untuk memberikan rasa yang enak, Anda dapat menambahkan madu untuk anak.

Pengobatan Diabetes

Manfaat belimbing wuluh lainnya adalah sebagai obat diabetes. Meski tidak sembuh secara total tetapi dengan rutin mengonsumsi belimbing wuluh, maka resistensi insulin dapat berkurang. Cara membuatnya juga cukup mudah, pertama siapkan beberapa buah belimbing wuluh, kemudian rebus dengan satu gelas hingga tersisa setengah airnya kemudian saring. Anda dapat meminumnya sehari dua kali.

Sebagai Obat Reumatik

Tanaman tropis ini juga dapat menyembuhkan reumatik. Reumatik adalah suatu penyakit dimana penderita dapat menglami sakit dibagian otot tubuh. Hal ini membuatnya sulit untuk digerakan. Dengan khasiat belimbing wuluh maka reumatik dapat di atasi secara alami. Cara membuatnya adalah dengan membersihkan belimbing wuluh dan ditumbuk hingga halus. Anda juga dapat menambahkan kapur sirih dan gosokan ke bagian badan yang sakit. Anda dapat melakukannya 3 kali sehari sampai rasa sakit benar-benar hilang.

Mengatasi Gatal-gatal atau Gangguan Kulit

Anda dapat memanfaatkan daun belimbing wuluh untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit serta berbagi masalah pada kulit lainnya. Biasanya masalah kulit tersebut terjadi karena gigitan serangga, bakteri atau jamur, eksim, kutu air, dan lainnya. Cara mengobati dengan daun belimbng wuluh juga cukup mudah. Pertama Anda tumbuh beberapa lembar daun yang sudah dibersihkan lalu oleskan pada kulit yang gatal. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

Menghambat Pertumbuhan serta Perkembangan Bakteri

Khasiat daun belimbing wuluh ternyata juga dapat menghambat pertumbuhan dan perlembangan bakteri. Ini karena daun belimbing wuluh mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan, salah satu senyawa tersebut adalah flavonoid. Senyawa tersebut cukup ampuh menghambat pertumbuhan bakteri seperti Bacillus Cereus, Staphylococcus Aureus, dan Corney Bacterium Dipthera.

Mengatasi Sariawan

Meski terbilang ekstrim menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan tetapi cara ini terbukti efektif. Namun perlu Anda ketahui bahwa penggunaan buah ini untuk mengatasi sariawan dapat menimbulkan rasa yang perih. Untuk itu, bagi Anda yang tidak kuat menahan perih sebaiknya menggunakan cara lain.

baca juga manfaat mengkudu bagi kesehatan

Itulah khasiat belimbing wuluh untuk berbagai masalah kesehatan yang perlu Anda ketahui.  Anda dapat memilih salah satu cara di atas dan lakukanlah secara rutin hingga masalah kesehatan yang Anda alami dapat sembuh total.

loading...
Tags:cara fermentasi belimbing wuluh, manfaat kencur dan belimbing wuluh