Khasiat Buah Leci untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Buah leci merupakan salah satu buah dengan ciri khas warna merah dengan rasa manis. Meski tidak begitu setenar buah lain seperti semangka, namun buah ini memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Buah leci dapat tumbuh baik pada kawasan tropis seperti Asia Tenggara, China, atau Taiwan. Buah yang kaya mineral ini sering dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin memiliki kondisi tubuh sehat dan prima.

khasiat buah leci

Selain dikonsumsi langsung, buah leci juga dapat diolah menjadi minuman segar, sebagai bahan campuran alami untuk membuat kue, dan bisa juga dijadikan tambahan untuk salad. Nah tidak hanya mengonsumsi saja, tak ada salahnya jika mengetahui juga khasiat yang dimiliki. Berdasarkan beberapa sumber, berikut khasiat buah leci untuk kesehatan.

Berikut Khasiat Buah Leci untuk Kesehatan Tubuh

Membantu Menurunkan Resiko Kanker

Khasiat buah leci yang pertama adalah dengan membantu menurunkan resiko kanker pada tubuh. Pertumbuhan sel kanker pada tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya dan mematikan. Leci merupakan salah satu buah yang dapat membantu mencegah dan menurunkan resiko. Ini dikarenakan buah leci mengandung flavonoid, dimana zat ini berperan penting untuk mencegah sel kanker berkembang pada tubuh. Selain zat tersebut buah leci juga mengandung kaempferol dan quercitin yang juga berperan untuk melawan sel kanker.

Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat buah leci berikutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Buah leci mengandung sejumlah vitamin C yang baik untuk kesehatan gusi, kesehatan kulit, sampai dengan untuk sistem imun pada tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi buah-buahan di saat musim yang tak menentu menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengonsumsi buah leci.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Yang ketiga adalah berperan menjaga kesehatan organ jantung. Buah leci mengandung polyphenol yang berperan penting dalam membantu kesehatan jantung. Berbagai masalah mengenai penyakit jantung saat ini masih menjadi permasalahan serius yang harus dicegah. Faktor seperti konsumsi makanan tak sehat menjadi salah satu dari sekian banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung. Oleh sebab itu pola hidup sehat menjadi cara paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Membantu Menjaga Kesehatan pada Pencernaan

Khasiat yang keempat adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan pada tubuh. Leci menjadi salah satu buah yang mengandung sifat astringent. Sifat tersebut membantu untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Dengan adanya sifat tersebut, buah leci dapat mencegah berbagai permasalahan pada pencernaan.

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Seperti pada buah alpukat, buah leci juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk mencegah radikal bebas pada tubuh. Antioksidan di dalam buah leci juga membantu peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh, membantu mengurangi berat badan berlebih sehingga cocok untuk mereka yang menjalankan program diet, serta membantu menjaga kesehatan kulit.

Nah itulah beberapa khasiat buah leci yang perlu Anda ketahui

loading...