Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Manggis merupakan salah satu buah dengan sumber antioksidan alami yang tinggi. Buah yang sudah tidak asing dan mudah ditemukan di pasaran ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman. Buah manggis terkenal dengan ciri khas daging berwarna putih dan kulit dengan warna ungu gelap. Selain rasanya yang manis sedikit asam, buah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

khasiat buah manggis

Berdasarkan penelitian yang ada bahwa dalam mengonsumsi atai minum jus manggis 2 kali dalam sehari mampu membantu untuk menurunkan gejala peradangan dalam darah. Nah untuk mengetahui lebih lanjut lagi apa saja khasiat dan manfaat yang dimiliki dari buah manggis, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Khasiat Manggis untuk Kesehatan Tubuh

  • Membantu Mencegah Penyakit Kanker
    Khasiat buah manggis yang pertama adalah membantu untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini didukung berdasarkan dengan penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti asal Taipei bahwa buah manggis mengandung senyawa yang dinamakan senyawa garcinone E. Senyawa tersebut dipercaya untuk membantu mencegah serta mengobati beberapa jenis kanker.
  • Membantu untuk Mengobati Penyakit Gusi
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan, buah manggis sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit pada gusi. Ini dikarenakan di dalam buah manggis terkandung akan vitamin C tinggi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah gusi berdarah dan permasalahan lain seperti sariawan. Para peneliti menunjukkan bahwa gel dari manggis dioleskan pada gusi yang bermasalah, hasil yang didapatkan adalah dapat meningkatkan kondisi gusi lebih sehat.
  • Membantu untuk Menekan Pertumbuhan Tumor
    Khasiat buah manggis yang ketiga adalah membantu dalam menekan pertumbuhan tumor pada tubuh. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peneliti asal Jepang yang menunjukkan bahwa buah manggis mengandung zat yang dinamakan alpha-mangostin yang akan memberikan efek yang disebut chemopreventive. Dengan adanya zat ini dalam jangka waktu yang lama dapat membantu menekan pertumbuhan tumor.
  • Mengandung akan Antioksidan Tinggi
    Seperti pada penjelasan di awal tadi bahwa buah manggis mengandung senyawa antioksidan tinggi. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa di dalam buah manggis terkandung xanthones atau polifenol. Antioksidan ini sangat berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Selain itu kandungan senyawa tersebut juga turut membantu dalam melakukan proses penyembuhan sel rusak akibat dari radikal bebas. Dengan begitu buah manggis cocok digunakan untuk mencegah penuaan dini.
  • Kandungan Rendah Kalori
    Buah manggis terkenal sebagai buah yang rendah kalori. Di dalam 100 gram buah manggis hanya terkandung 63 kalori saja serta tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Di samping rendah akan kalori, buah manggis juga cocok ditambahkan ke dalam menu sehat untuk diet kanrena di dalam 100 gramnya tersedia 13 persen RDA.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai khasiat buah manggis untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui. Masih banyak khasiat lain yang dimiliki buah yang kaya akan antioksidan ini. Baca juga artikel mengenai Khasiat buah leci untuk kesehatan tubuh.

loading...