Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Cuka apel atau apple cider vinegar merupakan salah satu jenis cuka yang terbuat dari sari apel yang difermentasikan dua kali. Dimana fermentasi pertama dari sari apel tersebut menghasilkan alkohol. Kemudian alkohol tersebut difermentasikan kembali yang ditambahkan dengan acetobacter (acetic acid forming bacteria) yang pada akhirnya akan menghasilkan cuka apel. pada umumnya cuka apel sudah lama digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Lantas apa saja khasiatnya? Berikut adalah khasiat cuka apel untuk kesehatan.

khasiat cuka apel

Manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh

Menyetabilkan tekanan darah
Manfaat yang pertama adalah untuk menyetabilkan tekanan darah. Seperti yang Anda ketahui buah apel kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Meskipun sudah difermentasikan menjadi cuka, cuka apel pun memiliki manfaat yang sama seperti buahnya. Salah satu manfaat cuka apel adalah untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Meredakan sakit tenggorokan
Khasiat cuka apel yang kedua adalah untuk meredakan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan yang tidak segera diatasi pastinya sangat mengganggu. Selain mengatasinya dengan cara menghindari makanan penyebab sakit tenggorokan, Anda juga dapat memanfaatkan cuka sari apel. Caranya mudah yaitu campurkan satu sendok makan ke dalam secangkir air hangat. Kemudian gunakanlah air tersebut untuk berkumur satu jam sekali. Cara ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Menghilangkan rasa pegal di kaki
Seseorang yang bekerja pastinya akan selalu mengalami pegal-pegal pada bagian tubuh tertentu. Rasa pegal sendiri disebabkan oleh asam laktat. Hindarilah menggunakan pil atau obat pegal-pegal dan gantilah obat tersebut dengan cuka apel. Cuka apel yang Anda gunakan memiliki manfaat untuk menarik laktat. Sehingga ini akan membuat rasa pegal yang Anda derita dapat dihilangkan.

Menurunkan berat badan
Khasiat cuka apel selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Jika Anda ingin melakukan program diet, selain menjaga asupan makanan dan olahraga, Anda juga dapat menggunakan cuka apel. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi roti dengan menambahkan sedikit cuka apel, ini membantu mereka menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan cuka apel yang Anda konsumsi dapat membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama.

Membantu perawatan wajah
Selain bermanfaat untuk kesehatan, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai bahan perawatan wajah. Karena kandungan vitamin pada cuka apel dapat membantu Anda untuk menjaga keseimbangan ph kulit wajah. Selain itu, cuka apel juga berguna untuk mengatasi jerawat, menghilangkan flek hitam dan juga membuat wajah lebih bersih dan berseri. Caranya gunakanlah campuran cuka apel dengan air untuk merawat wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan, sebaiknya lakukan perawatan tersebut secara teratur.

Nah itulah beberapa khasiat cuka apel untuk kesehatan.

Tags:manfaat cuka apel untuk kesehatan