Khasiat Daun Pepaya untuk Pengobatan Kanker hingga DB

By Categories : Kesehatan

Khasiat daun pepaya sebenarnya ada banyak sekali, mulai dari untuk merawat kesehatan hingga kecantikan. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahui manfaatnya. Nah bagi Anda yang penasaran dengan manfaat daun pepaya, jangan khawatir karena kali ini akan membahas mengenai hal ini untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini

Siapa yang tidak tahu daun pepaya? Semua orang tentu saja sudah mengetahui salah satu obat tradisional yang satu ini. Selain buahnya yang enak dan kaya serat, daun pepaya juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa gizi yang terkandung dalam daun pepaya antara lain vitamin A, B, C, D, E serta kalsium.

Jika dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya, daun pepaya tergolong murah, karena sayuran ini mudah ditanam dan didapat dari kebun pekarangan. Tanaman yang pada awalnya dibudidayakan di Meksiko ini sering diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis, campuran sup dan salad ataupun direbus begiru saja. Pengolahan daun pepaya yang tepat tidak akan membuat rasa dari daun ini terasa pahit. Dan justru sebaliknya, daun pepaya ini akan memiliki rasa yang lezat dan pastinya manfaat yang baik bagi tubuh.khasiat-daun-pepaya

Lantas apa saja manfaat daun pepaya untuk kesehatan? Berikut ulasannya

Menghambat Pertumbuhan Kanker

Yang pertama adalah dapat menghambat pertumbuhan kanker. Nam Dang, seorang peneliti dari Universitas Florida dan rekannya dari Jepang mengatakan, dibalik rasanya yang pahit ternyata daun pepaya memiliki manfaat sebagai zat penghambat pertumbuhan kanker, seperti kanker liver, paru, serviks, pankreas hingga payudara.

Riset yang dilakukan Nam Dang diketahui ekstrak daun pepaya akan mengasilkan molekul yang disebut Th 1 tipe sitokin yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini tentu saja dapat mendukung terapi yang memanfaatkan sistem imun untuk melawan sel kanker.

Tak hanya itu saja, para peneliti juga mengatakan bahwa ekstrak pepaya tidak memiliki efek toksik pada sel normal, sehingga sangat aman digunakan karena tidak akan merusak sel-sel di sekitarnya daripada terapi kanker pada umumnya.

Memperbaiki Saluran Pencernaan

Tak hanya buahnya saja yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, ternyata daunnya pun memiliki manfaat yang sama. Zat karpin yang terkandung dalam daun pepaya terbukti ampuh dapat dapat membasmi mikroorganisme jahat yang menganggu pencernaan. Sehingga bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan, tak ada salahnya menggunakan daun pepaya sebagai obat alami melancarkan gangguan pencernaan.

Obat Demam Berdarah

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai obat tradisional demam berdarah paling ampuh. Banyak orang yang memanfaatkan daun untuk mengatasi demam berdarah yang Anda derita. Sebab, zat yang terkandung dalam daun ini terbukti dapat meningkatkan kadar trombosit yang rendah secara signifikan.

Cara mengobati demam berdarah dengan daun pepaya caranya pun sangat mudah, siapkan beberapa lembar daun pepaya yang masih mudah, temulawak, meniran dan gula merah. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih dan airnya pun tersisa sedikit. Dinginkan, lalu minum secara teratur.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Khasiat daun pepaya berikutnya adalah sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sistem imun yang kuat tentu saja dapat menghindarkan tubuh dari segala macam penyakit dari ringan hingga berbahaya. Sehingga bagi Anda yang ingin memiliki sistem imun yang kuat, tak ada salahnya untuk mengonsumsi daun pepaya secara teratur.

Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan tinggi pada daun ini juga sangat bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Maka jangan heran jika seseorang yang rutin mengonsumsi daun pepaya akan memiliki kulit yang sehat dan bebas dari kerutan.

Mencegah Katarak

Katarak adalah penyakit pada mata yang bisa menyerang siapa saja, terutama bagi mereka yang berusia lanjut. Perlu diketahui penyakit katarakĀ  tidak akan menimbulkan gejala-gejala, sehingga akan sulit mendeteksi seseorang terkena katarak. Biasanya ia akan mengetahuinya jika sudah terdapat selaput putih pada mata dan pandangan terasa kabur.

Selain wortel dan jambu, kandungan vitamin A pada sayuran hijau ini juga sangat tinggi. Sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat membuat mata lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Mengurangi Nyeri Haid

Sering nyeri perut saat datang bulan? Atasi denganĀ  ramuan dari daun pepaya. Sejak zaman dahulu daun pepaya sering dimanfaatkan sebagai obat alami mengatasi nyeri perut saat datang bulan. Caranya pun sangat mudah, ambil beberapa lembar daun pepaya, bersihkan lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan asam jawa dan garam lalu rebus hingga mendidih. Dinginkan lalu minum pada saat datang bulan.

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Tannin yang terkandung pada daun pepaya sering dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus. Tanin akan melindungi usus dari infeksi ulang pada apisan dinding usus, sehingga cacing di usus tidak dapat menempel. Sehingga mengonsumsi daun pepaya ini sangat efektif untuk mencegah penyakit tifus.

Baca juga manfaat daun ubi jalar untuk menyembuhkan DB

Demikianlah ulasan mengenai khasiat daun pepaya untuk mengobati kanker hingga demam berdarah.