Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Khasiat daun sirih memang memang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Hal ini dikarenakan daun sirih kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Daun sirih kaya antioksidan dan memiliki sifat anti jamur. Salah satu cara memanfaatkan daun ini adalah dengan cara merebusnya. Daun yang memiliki nama latin Piper betlem Linn juga sangat mudah ditemukan dan dapat Anda gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit ringan dan berbahaya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah khasiat daun sirih bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Daun Sirih

Khasiat Daun Sirih

Khasiat Daun Sirih untuk Tubuh

Mengatasi sakit mata

Khasiat yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengatasi sakit mata secara alami. Mata merupakan indera penglihatan yang sering terkena infeksi dan peradangan. Hal ini dikarenakan pada saat beraktivitas tentu saja ini mengharuskan mata untuk selalu terbuka, hal inilah yang menyebabkan debu serta polutan dapat membuat mata sakit dan iritasi. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan kacamata serta mengobatinya dengan menggunakan daun sirih. Caranya pun mudah yaitu hanya dengan menggunakan air rebusan sirih sebagai obat tetes mata.

Menghilangkan bau mulut

Yang kedua adalah dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Bau mulut yang tidak sedap tentu saja sangatlah mengganggu. Apalagi jika Anda bekerja yang selalu berhadapan dan berkomunikasi dengan semua orang. Oleh karena itu selain menggunakan obat kumur yang dijual di pasaran, memanfaatkan air rebusan daun sirih juga dapat mengatasi bau mulut. Pastikan Anda menggunakannya untuk berkumur setelah makan dan sikat gigi.

Mengobati luka bakar

Khasiat daun sirih selanjutnya adalah untuk mengobati luka bakar. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan menghaluskan daun sirih lalu menambahkannya dengan sedikit madu. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terkena luka bakar. Lakukan hal ini secara teratur hingga sembuh.

Mengatasi jerawat

Selain kulit wajah berminyak, jerawat juga merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai setiap orang. Tak perlu pergi ke dokter kulit dan melakukan berbagai macam perawatan untuk mendapatkan kulit bersih terhindar jerawat, Anda cukup melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami yaitu daun sirih. Daun sirih yang memiliki sifat anti-bakteri mampu membunuh dan melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya, tumbuk kasar daun sirih kemudian seduh dengan air panas dan gunakanlah air tersebut untuk membasuh muka secara teratur.

Mengobati bisul

Berikutnya adalah dapat digunakan untuk mengobati bisul. Cara memanfaatkannya pun mudah, yaitu hanya dengan menumbuk daun sirih tua lalu tempelkan pada area yang terkena bisul. Agar daun sirih yang Anda gunakan tidak jatuh atau lepas, Anda dapat membalutnya dengan menggunakan kain atau perban.

Obat penyakit jantung

Khasiat daun sirih selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirih yang sudah dibersihkan dan campurkan dengan 2 siung bawang merah, 1 sendok jintan putih, serta 7 pasang biji kemukus. Setelah itu tambahkan air panas secukupnya. Anda dapat minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

Membersihkan kuman di mulut

Selain rutin menggosok gigi, cara terbaik untuk menjaga kesehata mulut adalah dengan menggunakan daun sirih. Bahan alami ini dipercaya dapat membersihkan kuman di mulut sehingga membuat mulut menjadi lebih segar. Caranya adalah rebus 5 lembar daun sirih menggunakan 4 gelas air. Setelah didinginkan Anda dapat berkumur menggunakan air rebusa tadi setelah makan.

Obat gusi berdarah

Pernahkah Anda mengalami gusi berdarah? Jangan khawatir karena Anda cukup menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Caranya adalah rebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih. Sama seperti membersihkan kuman di mulut, untuk gusi berdarah Anda dapat berkumur 3 kali sehari.

Menghilangkan keringat berlebih

Khasiat daun sirih selanjutnya adalah dapat mengatasi keringat berlebih pada tubuh. daun sirih dipercaya mampu mengendalikan senyawa kavicol serta estragol pada kelenjar keringat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda cukup mengoleskan tumbukan daun sirih pada ketiak secara rutin. Selain itu, Anda juga dapat minum air rebusan daun sirih dua kali sehari.

Mengurangi produksi ASI berlebih

ASI memang penting untuk perkembangan anak, namun bagaimana jika produksi ASI itu berlebih? Tentu hal ini dapat membuat Anda kurang nyaman. Cara terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan daun sirih. Caranya adalah ambil beberapa lembar daun sirih lalu Anda olesi dengan minyak kelapa yang sudah dipanggang di atas api. Dalam kondisi hangat Anda dapat tempelkan di bagian dada.

Ramuan setelah melahirkan

Setelah melahirkan biasanya dibutuhkan beberapa ramuan untuk membuat kondisi tubuh kembali fit. Salah satunya caranya adalah Anda dapat menggunakan daun sirih. Rebus 4 lembar daun sirih menggunakan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum rebusan daun sirih tersebut  menjelang tidur.

baca juga manfaat daun sirih untuk pengobatan herbal

Nah itulah beberapa khasiat daun sirih bagi kesehatan tubuh

loading...
Tags:baju syari anak kuliah, khasiat daun siri bagi kesehatan