Khasiat Kuning Telur untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Telur menjadi sumber makanan yang mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kuning telur menjadi salah satu bagian pada telur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun begitu ahli kesehatan sangat menyarankan bagi mereka yang sudah berusia lanjut sebaiknya menghindari mengonsumsi kuning telur, dengan alasan untuk menghindari peningkatan kadar kolesterol tinggi.

khasiat kuning telur

Hal tersebut memang benar adanya, namun bukan menghindari selamanya melainkan jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya terlebih jika Anda memiliki tubuh sehat dan tidak mengalami permasalahan pada kolesterol. Khasiat yang dimiliki kuning telur beragam dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berdasarkan ulasan dari berbagai sumber, di bawah ini terdapat beberapa khasiat kuning telur yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang.

Berikut Khasiat Kuning Telur untuk Tubuh

Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Selama tidak mengonsumsi dalam jumlah berlebih kuning telur memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat tersebut adalah membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau disebut dengan HDL. Ini dikarenakan lemak yang ada dalam telur, meski begitu sebagian orang tetap khawatir mengonsumsi nutrisi yang terdapat pada sumber makanan ini. Orang yang mempunyai kadar HDL tinggi cenderung dapat melawan berbagai penyakit pada tubuh seperti stroke, serangan jantung, dan banyak lagi.

Membantu Meningkatkan Fungsi pada Otak

Khasiat kuning telur yang kedua adalah membantu meningkatkan fungsi pada otak. Kuning telur mengandung DHA dan AA yang baik untuk membantu meningkatkan fungsi otak. Nutrisi tersebut sangat bagus untuk perkembangan otak pada anak, untuk wanita yang sedang hamil, serta orang yang membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan fungsi pada otak.

Menjaga Kesehatan Gigi, Mata, dan Tulang

Khasiat kuning telur yang ketiga adalah menjaga kesehatan gigi, mata, dan juga kesehatan tulang. Ini dikarenakan di dalam kuning telur mengandung vitamin A, E, D, dan vitamin K yang semuanya berperan dalam menjaga kesehatan gigi, tulang, dan mata. Di samping itu telur juga mengandung vitamin B12 yang berperan utuk menjaga ketahanan tubuh termasuk untuk tulang dan gigi.

Sebagai Sumber Energi pada Tubuh

Yang keempat adalah sebagai sumber energi pada tubuh manusia. Kuning telur mengandung kandungan lemak yang dapat membuat tubuh memiliki cadangan energi. Ketika tubuh Anda lemas, sebaiknya mencoba untuk mengonsumsi telur, karena kuning telur akan memberikan sumber energi dan rasa kenyang pada perut.

Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk poin yang terakhir mungkin menjadi hal yang dikhawatirkan bagi kebanyakan orang. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, asalkan tidak berlebihan mengonsumsi kuning telur sebenarnya tidak masalah. Kuning telur memiliki lemak yang mampu membantu dalam meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Oleh sebab itu kuning telur aman untuk kesehatan jantung dan juga pembuluh darah dalam tubuh.

Nah itulah tadi beberapa khasiat kuning telur untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui.