Khasiat Kunyit Putih untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempahnya. Salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang paling terkenal adalah kunyit. Selain dapat digunakan untuk bumbu dapur dan campuran bahan makanan, kunyit juga biasa digunakan sebagai cara mengatasi diare dan sangat baik untuk menjaga kesehatan. Pada umumnya ada beberapa jenis kunyit, yaitu kunyit kuning, kunyit merah, kunyit hitam dan kunyit putih.

manfaat kunyit putih

Kunyit kuning adalah salah satu jenis kunyit yang paling sering kita jumpai di dapur. Jenis kunyit ini juga sering digunakan sebagai pewarna alami dalam pembuatan nasi kuning. Lantas bagaimana dengan jenis kunyit lainnya? Jenis kunyit lainnya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan

Mengobati penyakit maag

Manfaat kunyit putih yang pertama adalah untuk mengobati penyakit maag. Maag merupakan penyakit yang menyerang lambung, hal ini disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan sering mengonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Jika Anda memiliki gangguan lambung seperti ini, Anda dapat memanfaatkan kunyit sebagai obatnya. Kandungan vitamin dalam kunyit sangat efektif untuk mengatasi penyakit maag. Caranya pun mudah, yaitu bersihkan kunyit putih kemudian potong-potong, setelah itu rebus potongan kunyit tersebut hingga mendidih. Saring ramuan tersebut dan minumlah air saringan kunyit putih. Agar tidak hambar, Anda juga dapat menambahkan madu asli untuk memberikan rasa manis.

Mencegah kanker

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit ini? Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang harus dideteksi secara dini. Selain selalu mendeteksi keberadaan kanker, Anda juga dapat mencegahnya dengan menggunakan kunyit putih. Kandungan RIP (Ribosom Inacting Protein) dalam kunyit berfungsi untuk mencegah dan menghentikan perkembangan sel kanker tanpa merusak sel yang ada di dalamnya. Cara menggunakannya pun sama seperti di atas.

Mengatasi typus

Manfaat selanjutnya adalah untuk mengatasi typus. Selain demam berdarah, typus merupakan penyakit yang sering menyerang berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Biasanya penderita typus akan diberikan obat herbao seperti rebusan cacing, namun jika hal tersebut tidak berhasil Anda dapat mencoba dengan menggunakan kunyit putih. Caranya, tumbuk hingga halus kunyit putih, kemudian masak dalam air mendidih. Agar hasil lebih maksimal Anda dapat menambahkan daun sambiloto dan serai. Saring, dan minum selagi hangat.

Haid tidak lancar

Haid yang tidak lancar dapat mengindikasikan bahwa di dalam tubuh seorang wanita terdapat sebuah gangguan. Namun Anda jangan khawatir, Anda dapat membuat ramuan herbal dari kunyit putih, ketumbar, biji pala dan daun srigading untuk mengatasi hal ini.

Nah itulah beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh.

loading...