Khasiat Teh Putih Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Selain kopi, teh merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi seseorang. Pada umumnya ada beberapa jenis dari teh yaitu teh olong, teh hijau dan juga teh hitam. Selain ketiga jenis teh tersebut ada juga teh jenis lain yaitu teh putih. Namun tahukah Anda apa itu teh putih atau white tea? Teh putih merupakan salah satu jenis teh yang paling mahal dan langka di dunia. Pada zaman Dinasti Tang (618-907) teh putih merupakan minuman favorit oleh Kaisar China dan juga para anggota istana. Hal ini karena salah satu tempat terbaik dan tempat asal teh putih adalah dari daerah pegunungan tinggi yang berada si provinsi Fujian (China).

 

Pembuatan teh putih juga tidak sama dengan pembuatan teh lainnya. Teh putih dibuat dari tunas teh yang belum terbuka. Daun tersebut kemudian dikukus dan dikeringkan. Proses pembuatan yang seperti ini akan dapat mempertahankan nutrisi teh putih. Maka jangan heran jika harga dari teh putih sangatlah mahal. Namun meskipun mahal, teh putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.khasiat-teh-putih-untuk-kesehatan

Khasiat Teh Putih yang Perlu Anda Ketahui

Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Manfaat yang pertama dari teh putih adalah dapat menurunkan kolesterol jahat. Seperti yang Anda ketahui kolesterol yang menumpuk dalam tubuh dapat menyempitkan pembuluh darah. Namun Anda jangan khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan cara mengonsumsi teh putih. Kandungan antioksidan catechin dalam teh putih sudah terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh (HDL).

Mencegah Serangan Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah dan mengedarkannya dalam tubuh. Jika jantung sehat, pastinya tubuh juga akan terjaga kesehatannya. Selain berolahraga Anda juga dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara mengonsumsi teh putih. Teh putih berguna untuk menurunkan kolesterol jahat. Sehingga jika kolesterol teratasi, hal ini juga dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan juga stroke.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat teh putih selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh yang kuat dapat mencegah penyakit menyerang tubuh. kandungan polifenol pada teh putih dipercaya dapat mengeluarkan racun ataupun zat yang tidak berguna bagi tubuh. Selain itu, teh putih juga berguna untuk menghilangkan kerutan di kulit, mencegah penuaan dini dan juga mencegah radiasi sinar UV pada kulit.

Mencegah Kanker

Sama halnya dengan manfaat teh hijau, teh putih juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Kandungan antioksidan dalam teh putih berguna untuk mencegah dan menangkal radikal bebas penyebab penyakit salah satunya yaitu kanker.
Demikianlah ulasan tentang khasiat teh putih untuk kesehatan.

loading...
Tags:khasiat teh putih