Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Temulawak merupakan salah satu tanaman yang dapat mudah ditemukan di wilayah Indonesia. Temulawak sering diolah menjadi jamu tradisional yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak-anak sampai dengan orang dewasa. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa temulawak sering diberikan untuk anak-anak dalam meningkatkan nafsu makan pada sang anak.

khasiat temulawak

Ciri khas dari temulawak seperti memiliki bau harum dan memiliki rasa sedikit pedas dan pahit. Dibalik manfaatnya sebagai penambah nafsu makan pada anak, ternyata temulawak memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui. Nah daripada berlama-lama, langsung saja ketahui beberapa khasiat dari temulawak di bawah ini.

Berikut Khasiat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

  • Membantu dalam Mengobati Kanker
    Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa temulawak memiliki khasiat yang mampu membunuh pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Kanker tersebut seperti kanker usus, dan juga kanker prostat. Tidak hanya penelitian tersebut saja, jurnal ilmiah dengan judul The Prostate juga menyatakan bahwa temulawak merupakan rempah yang memiliki kemampuan untuk mengobati kanker.
  • Membantu Mengobati Masuk Angin dan Sakit Kepala
    Khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah membantu mengobati permasalahan seperti sakit kepala dan juga masuk angin. Kandungan nutrisi di dalam temulawak yang berperan membantu permasalahan tersebut. Untuk penggunaannya cukup dengan minum temulawak sebanyak 2 sampai 3 gelas dalam sehari untuk membantu meredakan sakit kepala serta membantu dalam mengatasi masuk angin.
  • Membantu Mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan
    Khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah membantu mengobati permasalahan pada sistem pencernaan pada manusia. Permasalah atau gangguan pada pencernaan seperti diare, kembung, maupun permasalahan lain dapat diatasi dengan mengonsumsi temulawak secara rutin. Hal ini didukung oleh Clinical Gastroenterology and Hepatology pada tahun 2006 lalu yang menyatakan bahwa pasien mereka yang mengalami gangguan pada pencernaan semakin membaik kondisinya sejak mereka mengosumsi temulawak.
  • Membantu Menurunkan Kadar Lemak dalam Darah
    Khasiat temulawak yang keempat adalah untuk membantu menurunkan kadar lemak di dalam darah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kurkuminoid yang merupakan estrak yang berguna dalam menurunkan kadar kolesteril dalam tubuh. Dengan menurunnya kadar lemak di dalam darah, maka dapat mengurangi potensi dari serangan penyakit jantung dan membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Membantu Mengurangi Radang pada Sendi
    Khasiat temulawak selanjutnya adalah membantu untuk mengurangi radang pada sendi. Kandungan seperti kurkumin dan juga fenibutazon berperan penting dalam mengurangi rasa nyeri dan radang pada sendi. Sistem kerja dari temulawak ini adalah dengan menghambat perpindahan sel leuksit pada daerah yang radang. Pengujian ini memberikan hasil yang baik bagi mereka penderita radang pada sendi.

Nah itulah tadi beberapa khasiat temulawak untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait mengenai Khasiat kunyit putih untuk kesehatan tubuh.

loading...
Tags:artikel jurnal penelitian temulawak, khasiat dan penelitian temulawak