Langkah Perawatan Kulit Kering di Pagi Hari yang Perlu Diperhatikan

By Categories : Kecantikan

Perawatan kulit kering memang harus diperhatikan. Sebab jika dibandingkan dengan jenis kulit berminyak, jenis kulit inilah yang sangat rentan mengalami iritasi oleh karena itu membutuhkan perhatian yang ekstra. Nah bagi Anda yang yang memiliki kulit kering, tak ada salahnya menyimak ulasan berikut ini untuk dalam melakukan perawatan.

Seperti yang kita ketahui memiliki kulit yang sehat, cerah dan lembab merupakan idaman bagi setiap orang terutama bagi para wanita. Tak hanya menjadi kebanggan tersendiri, memiliki kulit ideal tentunya dapat membuat penampilan kita lebih percaya diri. Selain melakukan serangkaian perawatan di klinik kecantikan, Anda pun juga harus melakukan perawatan rutin dalam setiap harinya. Seperti yang kita ketahui perawatan wajah tak hanya di malam hari saja, perawatan wajah di pagi hari juga tak kalah penting dilakukan.perawatan kulit kering yang tepat

Hal ini dikarenakan kulit wajah juga memerlukan perlindungan saat Anda keluar rumah. karena jika tidak dilindungi kulit akan mudah terpapar sinar matahari, polusi udara, udara kotor serta radikal bebas yang bersifat merusak kulit. Perlu diketahui, beberapa hal tersebut tak hanya dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan kering, kulit yang sering terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Menurut dermatologist Dr Debra Jaliman, ia mengatakan bahwa setidaknya ada beberapa langkah perawatan yang harus dilakukan dalam merawat kulit. Mulai dari membersihkan, melembabkan, menutrisi hingga melindunginya. Pastinya Anda penasaran kan apa saja tahapan tersebut? untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini agar kulit terawat dan terlindungi dalam setiap harinya.

Inilah Langkah Perawatan Kulit Kering di Pagi Hari yang Harus Dilakukan

Pengangkatan Sel Kulit Mati

Yang pertama adalah dengan melakukan pengangkatan sel kulit mati atau melakukan eksfoliasi ringan. Anda bisa melakukan cara ini dengan menggunakan exfoliating powder, yaitu produk pembersih wajah yang berbentuk bubuk. Caranya, tuangkan exfoliating powder secukupnya ke telapak tangan, basahi dengan sedikit air lalu gosokkan hingga berbusa.

Baca juga cara menghilangkan daki secara alami

Setelah itu Anda bisa mengusapkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Pengangkatan sel kulti mati ini dapat membantu mempercepat pergantian sel kulit sehingga lebih segar dan kulit pun lebih siap menerima perawaran selanjutnya. Anda tidak harus menggunakannya setiap hari, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif lakukanlah perawatan ini seminggu tiga kali.

Membersihkan Wajah

Yang kedua adalah membersihkan wajah. Langkah yang satu ini tentu saja tidak boleh dilewatkan. Membersihkan wajah dalam setiap paginya sangat berguna untuk mengatasi residu make up yang mungkin masih menempel saat tidur serta menyingkirkan bakteri penyebab komedo dan jerawat.

Pastikan Anda memilih pembersih wajah dengan formula lembut yang memiliki efek melembabkan kulit. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat lalu keringkan dengan cara menepuk-nepukkan lembut handuk ke wajah.

Gunakan Toner

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan toner. Sebenarnya penggunaan toner dikhususnya untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat. Toner yang digunakan dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit serta mencegahnya untuk memperoduksi minyak yang berlebih. Namun bagi Anda yang memiliki kulit kering, tidak menggunakan toner pun tak apa. Namun untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan hal ini pada dokter kulit langganan Anda.perawatan kulit kering

Gunakan Serum

Langkah perawatan kulit kering selanjutnya adalah dengan menggunakan serum. Serum biasanya memiliki konsentrasi dan bahan aktif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pelembab. Tak hanya dapat membuat kulit tampak lembab dan sehat, serum yang Anda gunakan juga berguna untuk menutrisi kulit serta  melindungi dari faktor luar yang merusak kulit.

Serum dengan bahan aktif vitamin C atau E sangat disarankan untuk digunakan. kedua vitamin tersebut kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit secara maksimal dari radikal bebas. Ketika di kombinasikan dengan sunscreen maka perlindungan kulit akan semakin maksimal.

Gunakan Pelembab

Berikutnya adalah dengan menggunakan pelembab. Setelah menggunakan serum, Anda bisa menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit kering Anda bisa menggunakan pelembab tekstur krim. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi gunakanlah pelembab yang bertekstru gel ataupun lotion. Oleskan pelembab 1 hingga 2 menit setelah menggunakan serum.

Gunakan Sunscreen

Mungkin setiap orang sudah mengetahui apa itu sunscreen atau tabir surya. Tabir surya yang Anda gunakan sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bagi Anda yang lebih banyak berada di dalam ruangan Anda bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 20 atau 35.

Namun bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan sebaiknya Anda menggunakan tabir surya SPF 40 atau 50. Untuk perlindungan lebih maksimal, gunakan juga produk tabir surya yang memiliki PA++.

Baca juga tips memilih tabir surya yang benar dan tepat

Demikianlah ulasan mengenai langkah perawatan kulit kering di pagi hari yang harus dilakukan.

loading...