Macam-macam Gangguan Pada Hati yang Perlu Diwaspadai

By Categories : Kesehatan

Gangguan pada hati adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang tidak memperhatikan kesehatan dengan baik. Disamping memperhatikan beberapa tips menjaga kesehatan hati yang benar dan tepat, sangat penting untuk mengetahu apa saja masalah dan gangguan yang dapat menyerang hati. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Hati atau liver merupakan salah satu organ tubuh terbesar yang terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Hati juga termasuk sebagai salah satu alat eksresi manusia. Hal ini dikarenakan organ hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, asam urat dan urea dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa ini disebut proses detoksifikasi.gangguan pada hati yang perlu diwaspadai

Untuk fungsinya sendiri hati memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa fungsi hati adalah untuk menghancurkan sel darah merah yang sudah tua, membersihkan darah dari senyawa berbahaya seperti obat-obatan, racun, alkohol dan lainnya, menyimpan energi, memproduksi albumin untuk menjaga cairan dalam sistem sirkulasi tubuh, memproduksi cairan empedu yang berguna untuk membantu pencernaan makanan serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengingat betapa pentingnya fungsi hati, Anda harus memperhatikan beberapa tips dalam menjaga kesehatannya. Agar hati dalam kondisi selalu fit, pastikan Anda menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, utamakan mengonsumsi buah dan sayur serta selalu menjaga berat badan tetap seimbang dengan cara rutin berolahraga. Selain itu, Anda juga harus menghindari lemak trans, karena tak hanya hati saja, lemak trans sangat berbahaya bagi organ tubuh lainnya.

Nah itulah beberapa tips menjaga kesehatan hati yang benar dan tepat. Lantas masalah dan gangguan kesehatan apa saja yang dapat menyerang organ hati? Berikut penjelasannya.

Inilah Gangguan Pada Hati yang Harus Diwaspadai

Hepatitis

Yang pertama adalah hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati yang terjadi karena beberapa sebab. Salah satunya adalah karena virus. Berbeda penyakit hepatitis, berbeda pula virus yang menyebabkannya. Seperti yang kita ketahui hepatitis ada beberapa macam, yaitu hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C.

Baca juga gejala dan obat tradisional penyakit hepatitis B

Hepatitis A biasanya ditularkan lewat makanan, air, peralatan makan, minum serta peralatan yang terkontaminasi dengan feses. Hepatitis A biasanya tidak merusak hati dengan permanen namun jika tidak segera diatasi komplikasi yang fatal dan serius juga bisa saja terjadi.

Yang kedua adalah hepatitis B. Hepatitis B umumnya lebih serius dan penularannya adalah lewat cairan tubuh, jarum suntik yang sudah terkontaminasi serta karena berhubungan badan dengan penderita hepatitis B. Dalam beberapa kasus hepatitis B ini dapat menyebabkan sirosis hati atau kanker hati.

Hepatitis C sebagian besar ditularkan lewat transfusi darah dan juga jarum suntik yang sudah terkontaminasi. Gejala yang muncul biasanya tidak terlalu parah jika dibandingkan dengan penderita hepatitis A dan B. Meskipun begitu, Anda tetap harus segera mengatasinya.

Sirosis Hati

Gangguan pada hati selanjutnya adalah sirosis. Sirosis adalah kerusakan hati jangka panjang yang menyebabkan luka pada organ ini. Penyakit ini akan berkembang secara perlahan-lahan yang pada akhirnya akan menyebabkan jaringan sehat digantikan oleh jaringan rusak. Kerusakan hati yang disebabkan oleh sirosis tidak bisa siobati dan bahkan kerusakan organ bisa meluas dan akhirnya hati tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyebab umum sirosis hati adalah karena virus hepatits B, hepatitis C serta sering mengonsumsi minuman keras berlebihan. Sudah dijelaskan tadi bahwa sirosis tidak bisa disembuhkan, pengobatan yang dilakukan hanyalah untuk menghambat perkembangannya.gangguan pada hati

Kanker Hati

Berikutnya adalah kanker hati. Kanker tak hanya menyerang serviks, lidah, paru-paru, usus ataupun otak. Hati juga dapat terserang penyakit berbahaya yang satu ini. Penyebab pasti kanker hati hingga saat ini masih belum diketahui, hanya saja sirosis hati juga dapat memicu terjadinya penyakit kanker hati.

Untuk mencegah kanker hati, pastikan Anda selalu menerapkan gaya hidup sehat serta pola makan yang seimbang. Tak hanya itu saja, Anda juga harus menghindari risiko terinfeksi hepatitis B dan C dengan cara melakukan vaksinasi.

Hemokromatosis

Selanjutnya adalah hemokromatosis. Hemokromatosis merupakan penyakit genetik yang menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang Anda makan. Zat besi yang berlebihah tersebut akan tersimpan di dalam hati dan organ lain seperti pankreas serta jantung.

Jika tidak segera diatasi zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan racun dalam organ-organ tersebut karena dapat memicu penyakit berbahaya seperti artimia jantung, kanker dan sirosis. Gejala umum dari penyakit ini antara lain sakit dan nyeri pada bagian perut, bulu tubuh rontok, menurunnya berat badan, lemah, letih serta sakit di persendian.

Baca juga mengenal gejala penyakit liver sejak dini

Nah itulah beberapa gangguan pada hati yang perlu diwaspadai.

Tags:gangguan pada hati, macam macam gangguan pada hati, macam macam gangguan hati, gangguan pada hati manusia, ganguan pada hati, apa saja gangguan pada hati, Macam macam gangguan pada organ hati, gangguan yg yerjadi pd hati, gangguan yang terjadi pada organ hati, gangguan yang terjadi pada hati, gangguan padahati, gangguan pada ha, ganggguan pada hati, apa saja gangguan pada organ hati, macam-macam gangguan hati