Macam-macam Jenis Jerawat dan Penyebabnya

By Categories : Kesehatan

Penyakit kulit memang banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah masalah jerawat pada wajah ataupun pada bagian tubuh lainnya. Masalah kulit yang satu ini memang sering kali meresahkan banyak orang, khususnya jika jerawat tumbuh pada area wajah tentu saja itu dapat memperburuk tampilan seseorang. Banyak pertanyaan yang muncul tentang apa saja penyebab jerawat dan jenis jerawat yang sering muncul di tubuh kita.

enis Jerawat dan Penyebabnya

Jerawat merupakan suatu keadaan yang membuat pori-pori kulit tertutup sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Hal ini biasanya dikarenakan ketidakseimbangan hormon, bakteri, produksi minyak berlebihan, kosmetik, obat-obatan dan karena faktor stres. Itulah merupakan beberapa penyebab timbulnya jerawat secara umum, namun untuk penyebab sesuai dengan jenis jerawat sedikit memiliki perbedaan. Adapun jerawat memiliki banyak jenis, tapi jerawat yang sering ada dan menjadi permasalahan kebanyak orang adalah terdapat tiga jenis yaitu jerawat biasa, batu dan komedo. Nah untuk lebih jelasnya mengenai jenis jerawat dan penyebabnya itu sendiri Anda bisa memperhatikan ulasan berikut ini!

Jenis Jerawat dan Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

Jerawat Biasa

Jenis jerawat yang pertama dan secara umum sering dialami oleh masyarakat adalah jerawat biasa. Adapun jenis jerawat biasa ini adalah jerawat yang memiliki ciri-ciri benjolan yang memiliki ukuran kecil dan berwarna merah muda atau kemerahan. Jerawat ini disebabkan karena pori-pori mengalami penyumbatan oleh bakteri jenis propionibacterium acne yang banyak berpopulasi atau hidup di daerah saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat. Selain itu, bakteri ini sering menginfeksi pada daerah sekitarn di antaranya dari waslap, kuas make up, jari tangan, hormon, udara, kelembapan yang berpotensi untuk menimbulkan jerawat. Oleh karena itu Anda disarankan selalu menjaga peralatan make up dan lingungan sekitar Anda bersih dari bakterit. Untuk jenis ini cara yang sangat efektif mencegah timbulnya jerawat adalah hindari stres, selalu mencuci tangan dengan bersih dan minum air yang secukupnya.

Jerawat Batu

jenis jerawat selanjutnya adalah jerawat batu. Jerawat yang sering disebut dengan cystyc acne ini merupakan jenis jerawat yang cenderung lebih besar daripada jerawat biasa. Jenis jerawat ini sangatlah mengganggu karenan bentuknya yang lebih besar dan rasa sakit yang luar biasa karena terjadinya peradangan yang hebat. Jerawat batu ini sangat banyak disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Secara genetik penderita memiliki kelenjar minyak yang sangat over aktif yang sangat banyak membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi dengan baik.

Komedo

Untuk jenis jerawat yang terakhir ini sering kali juga dibedakan menjadi dua yaitu jenis komedo luar dan komedo dalam. Jenis jerawat in sangatlah menggangu meskipun ukurannya yang sangat kecil sekali tapi dapat tumbuh menutupi semua area wajah. Bukan hanya itu saja jenis jerawat ini bisa serta merta tumbuh dengan cepat dan melebar. Adapun penyebabnya itu sendiri adalah karena faktor genentik dan terjadinya produksi minyak yang berlebihan.

Nah itulah jenis jerawat dan penyebabnya yang harus Anda ketahui. Baca juga artikel terkait mengenai Tips merawat wajah berjerawat.

Tags:jenis jerawat dan gambarnya, macam macam jerawat dan gambarnya, jenis jenis jerawat dan gambarnya, macam macam jenis jerawat, macam macam acne, gambar jerawat, macam macam jerawat dan gambar, macam jerawat beserta gambarnya, macam jerawat beserta gambar, macam akne, jenis gambar jerawat, gambar macam macam jerawat, macam-macam jerawat dan gambarnya