Macam-macam Penyakit Gigi dan Mulut yang Perlu di Waspadai

By Categories : Kesehatan

Gigi dan mulut merupakan bagian dari organ manusia yang memiliki fungsi sebagai alat atau tempat untuk mengunyah dan menelan makanan masuk ke dalam organ pencernaan.  Berkaitan dengan gigi dan mulut, apakah Anda tahu jika gigi dan mulut juga memiliki beberapa masalah penyakit yang dapat mempengaruhi fungsinya? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sameer Patel, mengatakan bahwa gigi, dan mulut dapat mengidikasikan terhadap kesehatan secara keseluruhan. Sedangkan sumber penyebab macam-macam penyakit gigi dan mulut yaitu akibat plak gigi. Plak gigi sendiri merupakan lapisan tipis yang menempel pada permukaan gigi, gusi, dan mulut. Adapun macam-macam penyakit gigi dan mulut diantaranya sebagai berikut !

penyakit gigi dan mulut

Inilah Macam-macam Penyakit Gigi dan Mulut yang Perlu Anda Waspadai

Gingivitis
Penyakit gigi dan mulut yang pertama adalah gingivitis atau pendarahan gusi. Penyakit ini diperkirakan akibat dari reaksi dari plak yang lama tidak di bersihkan sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi. Kondisi ini akan sangat membahayakan terhadap kesehatanlainnya jika tidak di lakukan tindakan secara cepat.

Bau Mulut
Penyakit gigi dan mulut yang kedua adalah bau mulut. Sebnarnya ini bukanlah sebuah penyakit melainkan gejala yang menunjukkn jika kesehatan mulut sedang bermasalah. Seperti misalnya munculnya penyakit sariawan, infeksi atau luka pada mulut, ataupun radang mulut. Radang mulut sendiri merupakan penyakit yang disebabkan infeksi jamur yang memiliki ciri mulut berwarna pucat, terdapat bercak kuning dan bau mulut yang tidak sedap. Baca juga penyebab bau mulut.

Coxsackle Virus
penyakit gigi dan mulut yang ketiga adalah coxsackle virus. Penyakit yang satu ini biasanya sering kali dialami oleh anak-anak dengan ciri timbul bercak kemerahan pada area mulut. Virus ini memang sangat sering menyerang anak-anak, hal ini dikarenakan kondisi metabolisme anak yang masih sangat rendah. Maka untuk menghindari hal itu terjadi, sebaiknya penuhi asupan tinggi protein dan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh meningkat.

Karang Gigi ( Calculus )
Karang gigi berupa plak dan gidal mengakibatkan pengapuran atau pengerasan yang melekat pada permukaan gigi disekeliling gusi. Karang gigi ini juga dapat menyebabkan bau mulut hingga penyakit lainnya. Hal ini dikarenakan karang gigi merupakan tempat berkumpulnya kuman yang berpotensi menyebabkan gigi bengkak dan sakit.

Kelainan pada Jaringan Lunak
Macam-macam penyakit gigi dan mulut yang terakhir adalah kelainan pada jaringan lunak. Misalnya sariawan ( stomatitis ), gusi berdarah ( gingivitis ) , bibir kering dan pecah-pecah ( cheilitis ). Kelainan pada jaringan lunak ini biasanya dapat menunjukkan gejala terhadap penyakit lainnya dalam tubuh. Maka sebaiknya jika Anda mengalami berbagai kelainan seperti yang dijelaskan di atas sebaiknya Anda untuk segera untuk  melakukan konsulasi ke dokter spesialis penyakit gigi dan mulut.

Baca juga artikel terkait lainnya Obat Tradisional Sakit Gigi.

loading...
Tags:macam macam penyakit gigi, penyakit gigi, penyakit gigi dan mulut, pengapuran gusi, Macam2 kelainan pada gigi anak, macam macam sakit gusi, macam macam penyakit gigi dan mulut, artikel jenis penyakit gigi dan mulut, macam macam penyakit di gusi, macam macam masalah penyakit gigi, kumpulan penyakit gusi, jenis penyakit gusi, gambar dan macam penyakit gigj, fhoto penyakit gigi, beberapa jenis penyakit gigi berdasarkan cirinya