Makanan Berserat Tinggi Untuk Tubuh

By Categories : Kesehatan

Kesehatan merupakan investasi yang paling utama. Maka menjaga kesehatan adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang. Salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan yang berserat tinggi , menjaga pola makan dan olah raga secara teratur.

Makanan yang berserat tinggi tersebut didominan oleh buah-buahan dan sayur-sayuran. Namun biasanya yang sering terjadi kita tidak pernah memperdulikan semua makanan yang masuk dalam tubuh. Sehingga akibatnya, aktivitas yang kita lakukan tidak berjalan lancar dan optimal. Maka untuk mengatasinya harus dengan cara makan makanan yang mengandung serat yang tinggi.

Makanan-Berserat-Tinggi

Karena fungsi dari makanan berserat tinggi itu sendiri, untuk menjaga metabolisme dan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu dapat membantu menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung dan penyakit diabetes pada usus. Kapasitas serat yang baik bagi tubuh adalah 25-40 gram perhari. Banyak sekali bukan ? manfaat dari makanan berserat tinggi untuk tubuh. Berikut ini contoh makanan yang memiliki serat tinggi untuk tubuh.

  • Buah Alpukat, alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan dalam setengah potong saja, alpukat mampu memberikan 6 gram kandungan serat bagi tubuh. Oleh karena itu alpukat salah satu buah yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan dalam tubuh.
  • Kacang-kacangan, jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan serat sangat tinggi adalah almound dan walnut.
  • Gandum, bahan dasar yang menggunakan gandum salah satunya roti gandum. Biasanya roti gandum banyak dikonsumsi oleh orang yang baru progam diet. Karena dari kandungan serat yang tinggi itu, dapat membantu menahan rasa lapar.
  • Buah-buahan, tidak semua buah memiliki kandungan serat tinggi yang diperlukan bagi tubuh. Namun ada beberapa buah yang banyak mengandung serat tinggi diantaranya buah pisang, jeruk, apel, mangga dan alpukat.
  • Sayur-sayuran, mungkin sayur-sayuran sudah sering dikonsumsi setiap hari, namun yang harus diperhatikan sayur yang memiliki serat yang tinggi adalah bayam, brokoli, kentang dan labu. Diantara sayur tadi dapat memenuhi kandungan serat 8 gram perhari.

Itulah informasi tentang makanan berserat tinggi untuk tubuh. Semoga setelah membaca artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

loading...
Tags:makanan berserat