Makanan Pencegah Penuaan Dini

By Categories : Kecantikan

Penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada semua manusia. Penyebab penuaan dini dipicu karena faktor genetika pada tubuh serta gaya hidup kurang sehat yang dapat menyebabkan penuaan dini. Penuaan dini tentu tidak ingin dialami setiap orang. Proses penuaan dini akan terlihat sekali, apalagi jika umur tergolong masih muda. Saat ini memang banyak krim anti penuaan (anti aging) yang beredar di pasaran.

Makanan Pencegah Penuaan Dini

Namun cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan bahan alami seperti mengonsumsi makan-makanan alami. Sama halnya seperti faktor genetika, penuaan dini ditandai dengan beberapa hal seperti kulit wajah menjadi keriput, sampai dengan fungsi indera mata menurun. Tetap muda untuk selamanya jelas tidak mungkin, namunĀ Anda dapat memperlambat penuaan lebih awal sehingga terlihat lebih muda dengan mengonsumsi makanan pencegah penuaan dini yang mengandung antioksidan di bawah ini!

Berikut Makanan Pencegah Penuaan Dini

  • Buah Alpukat

Makanan pencegah penuaan dini yang pertama adalah buah Alpukat. Buah alpukat kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit serta mengandung lemak tak jenuh tunggal. Untuk lemak tak jenuh tunggal berguna untuk membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Selain itu alpukat mengandung kalium yang bagus untuk mengontrol tekanan dalam darah. Buah ini mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

  • Ikan dengan Omega 3

Ikan menjadi sumber makanan hewani yang perlu dikonsumsi untuk sebagai pencegah penuaan dini. Ikan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon, ikan sarden, dan jenis ikan lainnya. Untuk mendapatkan asupan omega 3 dan protein lainnya tambahkan ikan ke dalam menu makanan sehat Anda. Satu lagi omega 3 berfungsi dalam mencegah kadar kolesterol dalam tubuh naik.

  • Anggur Merah

Makanan berikutnya adalah anggur merah. Berdasarkan penelitian buah-buah yang mengandung antioksidan tinggi membantu untuk mencukupi asupan vitamin serta mencegah terjadinya penuaan dini. Anggur merah mengandung senyawa yang disebut resveratrol yang berguna untuk memperlambat proses penuaan pada sel.

  • Sayuran Hijau

Makanan pencegah penuaan dini yang keempat adalah sayuran hijau. Tidak asing lagi bahwa sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam memasak sayuran sebaiknya diproses jangan terlalu lama agar tidak kehilangan banyak nutrisi. Sayuran hijau semua bermanfaat untuk tubuh untuk pencegah penuaan dini seperti kol, brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, selada, dan juga kubis.

  • Buah Melon

Selain lezat rasanya, buah melon ternyata juga bermanfaat untuk mencegah proses penuaan dini. Selain melon, Anda juga bisa mengonsumsi buah semangka yang termasuk buah dengan kandungan air tinggi. Kedua buah tersebut sama-sama mengandung alkali yang akan memberikan vitamin serta cairan untuk tubuh.

  • Bawang Putih

Makanan pencegah penuaan dini berikutnya adalah bawang putih. Kehadiran dari bawang putih tentu sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Bawang putih termasuk dalam salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk memasak ke dalam menu makanan. Namun asal Anda tahu bahwa bawang putih dimanfaatkan juga untuk produk kecantikan kulit dan juga rambut. Ini dikarenakan sifat dari bawang putih yang mengandung antioksidan di dalamnya. Antioksidan di dalam bawang putih bermanfaat dalam mencegah proses penuaan dini yang dapat disebabkan karena radikal bebas. Di samping itu bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Semangka

Seperti penjelasan pada buah melon, buah semangka juga dapat membantu proses penuaan dini. Buah semangka dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat minuman seperti jus. Daging buah semangka mengandung berbagai nutrisi penting di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin C. Sementara untuk biji dari semangka mengandung asam lemak esensial, seng, selenium, dan juga vitamin E. Semua senyawa yang terkandung di dalam buah semangka tersebut sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit serta mencegah terjadinya sel kanker di dalam tubuh.

  • Kacang Kenari

Makanan pencegah penuaan diri berikutnya adalah kacang kenari. Berbagai jenis kacang mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat terdiri dari mineral dan lemak sehat. Kacang kenari yang juga kaya akan kalium, zat besi, seng, tembaga, magnesium, dan selenium membantu meningkatkan kesehatan pencernaan serta sistem imun tubuh. Selain itu kandungan nutrisi tersebut juga membantu kesehatan kulit yang berguna dalam mencegah penuaan dini akibat dari radikal bebas di udara.

  • Aneka Buah Berrie

Berikutnya adalah aneka buah berrie. Kelompok buah berrie seperi blueberry, stoberry, blackberry, anggur hitam, dll mengandung senyawa yang disebut dengan flavonoid. Senyawa tersebut dikenal sebagai antiosidan alami yang juga terkandung di dalam buah lain seperti alpukat, apel, dan buah lain. Seperti yang kita ketahui bahwa senyawa yang disebut dengan flavonoid ini berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker atau proses penuaan dini.

  • Coklat Hitam

Siapa yang tidak suka denganĀ coklat hitam? Tentu kebanyakan orang pernah mengonsumsi dan menyukainya. Coklat terkenal dengan rasa manisnya yang dapat menimbulkan rasa bahagia bagi mereka yang mengonsumsinya. Salah satu jenis coklat yang banyak dikonsumsi ialah coklat hitam. Coklat hitam kaya akan antioksidan flavonoid dan mengandung kakao sehingga membuat rasanya sedikit pahit. Kandungan membantu dalam menurunkan resiko dari diabetes tipe 2, hipertensi, membantu meningkatkan kekuatan otak, mencegah penyakit ginjal, serta membantu merawat sel kulit serta melindungi dari sinar matahari.

Demikianlah tadi beberapa makanan pencegah penuaan dini yang dapat Anda ketahui. Sumber makanan tersebut tergolong sebagai sumber makanan alami yang memiliki efek samping rendah ketimbang sumber makanan yang mengandung bahan kimia.

loading...