Makanan Pengganti Nasi Saat Diet

By Categories : Kesehatan

Makanan pengganti nasi saat diet sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Sejak zaman dahulu nasi memang sudah dikenal sebagai salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia. Namun tahukah Anda nasi memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi, ini berarti nasi lebih cepat diserap menjadi gula darah di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu seseorang yang menderita diabetes, seseorang yang obesitas ataupun seseorang yang ingin mengurangi berat badan sebaiknya menghindari nasi putih sebagai hidangan utama. Selain nasi, Anda dapat mencari makanan pengganti nasi sebagai makanan utama. Berikut adalah makanan terbaik untuk pengganti nasi saat diet yang dapat Anda coba.

Makanan Pengganti Nasi Saat Diet

Menu Makanan Pengganti Nasi Saat Diet Sehat

Ubi jalar

Makanan yang pertama adalah ubi jalar. Untuk makanan ini mungkin sudah sangat jarang didapatkan di kota-kota besar, akan tetapi jika Anda tinggal di desa mungkin makanan yang satu ini sangat mudah untuk Anda dapatkan. Ubi jalar memiliki indeks glikemiks yang rendah, sehingga makanan ini sangat cocok Anda konsumsi. Selain memiliki kandungan GI yang rendah yaitu 54, ubi jalar juga kaya akan vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan tubuh.

Baca juga manfaat ubi jalar ungu untuk kesehatan

Pasta

Yang kedua adalah pasta. Selain simpel dan praktis, mie ala luar negeri ini juga sangat lezat serta sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang berdiet. Kandungan GI dalam pasta ini adalah hanya 4,1 hampir sama seperti buah pir. Tak hanya itu saja pasta juga kaya akan asam folat, rendah lemak dan hanya memiliki kandungan glukosa yang rendah jika dibandingkan dengan roti. Untuk menyantap makanan yang satu ini, Anda dapat menikmatinya dengan saus tomat.

Kentang

Makanan pengganti nasi selanjutnya adalah kentang. Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh seseorang yang melakukan program diet. Hal ini dikarenakan kentang memiliki zat yang bernama resisten, zat tersebut berfungsi untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh kita. Selain itu, kentang juga kaya akan vitamin dan nutrisi seperti vitamin B, C, kalium, serta dan zat besi. Agar vitamin dan nutrisi tersebut tetap utuh saat Anda mengonsumsinya, sebaiknya olah kentang tersebut dengan car direbus.

Jagung

Berikutnya adalah jagung. Karbohidrat serta antioksidan yang terkandung dalam jagung sangat berguna untuk menurunkan berat badan Anda, dalam memilih jagung pastikan Anda memilih jagung organik agar terhindar dari zat pestisida. Kandungan mineral, serat, vitamin B serta pigmen dalam jagung sangat baik untuk menjaga paru-paru dan mata. Bahan makanan yang satu ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam seperti jagung rebus, jagung bakar ataupun menjadikannya sebagai sup dengan bahan-bahan lainnya.

Sukun

Tak hanya untuk seseorang yang ingin melakukan diet, sukun juga merupakan makanan terbaik yang dapat dikonsumsi seseorang penderita diabetes. Hal ini dikarenakan sukun memiliki indeks glikemik rendah yang dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Namun tak hanya itu saja, sukun juga kaya akan senyawa yang sangat istimewa yaitu senyawa flavonoid. Seperti yang Anda ketahui flavonoid sendiri merupakan salah satu senyawa yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan ginjal dan jantung.

Pisang

Dalam kategori buah-buahan, pisang juga dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi saat diet yang dapat Anda konsumsi. Buah pisang sendiri merupakan buah favorit bagi hampir seriap orang. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan karbohidrat komplek yang tidak akan menaikkan kadar glukosa. Sehingga Anda bisa terbebas dari penyakit diabetes. Kandungan serat dalam buah pisang juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Umumnya ada beberapa cara memanfaatkan buah pisang, muali dari dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi camilan sehat ataupun dibuat jus yang menyegarkan.

Singkong

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak orang yang memanfaatkan singkong sebagai makanan untuk menggantikan nasi. Seperti yang Anda ketahui pada zaman dahulu singkong sangatlah populer menjadi makanan pokok sehari-hari selain nasi. Selain enak dan mengenyangkan, singkong juga kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat menjaga berat badan tetap ideal, indek glikemik yang terkandung pun sangat rendah yaitu kurang dari 55.

Ganyong

Pernahkah Anda mengonsumsi jenis rimpang yang satu ini? Saat ini  ganyong semakin sulit untuk ditemukan. Padahal makanan ini kaya akan vitamin serta nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti vitamin C, zat besi, fosfor, kalsium, karbohidrat, lemak dan protein.

Talas

Yang terakhir adalah talas. Sama seperti singkong, talas juga hanya mengandung indeks glikemik yang sangat sedikit yaitu sekitar 54 saja. Sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam program diet. Selain itu, talas juga mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang. Akan tetapi sebaiknya Anda mengolah talas dengan cara yang tepat, seperti dikukus ataupun di rebus. Karena jika di olah menjadi keripik kandungan nutrisi talas akan berkurang.

Baca juga makanan untuk sarapan sehat di pagi hari

Nah itulah beberapa makanan pengganti nasi saat diet yang dapat Anda konsumsi.

loading...