Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Paling Cepat

By Categories : Kesehatan

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara tiba-tiba dan sulit untuk diketahui tanpa melakukan pengukuran tekanan darah. Penyakit darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kenaikan tekana darah di atas 140 mmHg sitolik dan di atas 90 mmHg disatolil. Penyebab pasti penyakit hipertensi ini memang belum diketahui secara pasti. Namun menurut para ahli terdapat beberapa faktor-faktor yang berpotensi untuk menyebabkan penyakit darah tinggi atau hipertensi diantaranya adalah faktor keturunan, umur, obesitas dan pola makan yang tidak sehat seperti banyak mengonsumsi lemak jenuh dan garam.
makanan penurun darah tinggi
Garam atau sodium memang memiliki peranan yang sangat tinggi dalam peningkatan tekanan darah di atas batas normal. Oleh karena itulah faktor makanan memang sangat penting untuk selalu diperhatikan. Selain menggunakan makanan penurun tekana darah tinggi, terdapat juga beberapa prinsip pola makan yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah yang disebut dengan DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension diantaranya sebagai berikut !

  • Meningkatkan asupan nutrisi yang bisa di dapatkan daru gandum, unggas, dan kacang-kacangan.
  • Perbanyak mengonsumsi buah, sayuran dan macam-macam produk susu rendah lemak.
  • Mengurangi mengonsumsi garam, daging merah dan makanan atau minuman manis.
  • Mengurangi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol dan lemak jahat.

Itulah beberapa prinsip yang dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan Anda sehari-hari yang berguna untuk mengatasi penyakit darah tinggi atau hipertensi. Berikut ini terdapat beberapa makanan penurun tekanan darah tinggi diantaranya adalah sebagai berikut :

Inilah Beberapa Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Paling Cepat

Pisang
Makanan penurun darah tinggi yang pertama adalah pisang, hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan tinggi serat dan kalium. Selain itu pisang juga memiliki kandungan mineral yang membantu menyeimbangkan efek garam pada tubuh, dan membantu fungsi ginjal dengan baik. Dengan mengonsumsi satu buah pisang setiap hari, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sampai 10 persen. Selain buah pisang Anda juga bisa memanfaatkan buah lainnya seperti alpukat, kurma dan kentang.

Semangka
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Florida State University, menyatakan bahwa buah semangka merupakan salah satu sumber alami kaya akan L-citrulline. L-citrulline itu sendiri sangat membantu dan mengatur aliran darah dan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu buah semangka juga memiliki kandungan asam amino yang berpotensi untuk mencegah pra-hipertensi yang dapat menjadi hipertensi akut.

Putih Telur
Makanan penurun tekanan darah tinggi yang terakhir yaitu putih telur. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Chemical Society yang menyatakan bahwa putih telur selain memiliki kandungan tinggi protein, ternyata  juga mengandung peptida yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Demikian penjelasan mengenai makanan penurun tekanan darah tinggi yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait lainnya Gejala Tekanan Darah Tinggi yang Harus Anda Waspadai.

loading...
Tags:penirun hypertensi akut