Makanan Penyebab Bau Badan yang Harus Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Bau badan merupakan salah satu masalah yang sering  mengganggu rasa percaya diri seseorang. Ini karena bau badan dapat membuat orang sekitar menjadi tidak nyaman dengan bau yang dihasilkan oleh tubuh kita. Selain keringat yang berlebih ada beberapa hal yang merupakan faktor penyebab dari bau badan seperti diet ketat, suasana hati, keturunan atau genetika, obat-obatan, pekerjaan dan juga makanan. Untuk mengatasi bau badan, cara yang paling efektif adalah menghindari berbagai macam makanan penyebab bau badan seperti berikut ini!

307364_ilustrasi-steak_663_382

Makanan penyebab bau badan yang harus Anda hindari

Daging merah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Republik Ceko dengan cara mengumpulkan sample keringat dari beberapa orang vegetarian dan orang yang gemar mengonsumsi daging menyatakan bahwa, keringat orang yang vegetarian tidak menimbulkan bau meskipun jumlah keringat sangat besar, sedangkan seseorang yang mengonsumsi daging memiliki bau keringat yang tidak sedap. Hal ini diakarenakan bahwa tubuh memerlukan waktu yang lama dalam mencerna daging. Sehingga ketika makanan tidak dicerna ini akan  dapat membuat gas dan racun berbau busuk dilepaskan. Hal inilah yang merupakan penyebab dari bau badan.

Makanan pedas

Siapa yang tidak menyukai makanan pedas? Makanan pedas merupakan salah satu makanan yang dianggap sebagai makanan penggugah selera. Namun, tahukah Anda mengonsumsi makanan pedas terlalu berlebih juga dapat menyebabkan masalah pada bau badan. Mengapa demikian? Ini karena, makanan pedas dapat memicu timbulnya keringat yang berlebih. Seperti yang Anda ketahui keringat berlebih dapat membuat bakteri berkembang. Saat bakteri bercampur dengan keringat, masalah yang sering muncul adalah  gatal pada bagian tubuh tertentu dan juga bau badan yang tak sedap.

Bumbu rempah-rempah

Makanan penyebab bau badan selanjutnya adalah bumbu rempah-rempah. Bumbu rempah- rempah seperti, kari, kunyit, bawang merah, bawang putih dan lainnya saat dicerna akan menghasilkan gas sulfur yang kemudian diserap oleh darah lalu dikeluarkan melalui pori-pori kulit dan paru-paru. Selain dapat menyebabkan bau badan, hal ini juga dapat menyebabkan bau mulut menjadi tak enak.

Junk food dan makanan olahan

Makanan olahan tentunya kaya akan gula, garam, minyak terhidrogenasi dan juga tepung. Hal tersebut jika terlalu sering dikonsumsi akan membusuk pada perut. Sehingga hal ini dapat menyebabkan bau tak sedap badan. Selain itu, makanan olahan dan junk food juga dapat memicu penyakit lainnya seperti,  serangan jantung, stroke, diabetes dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Nah itulah beberapa makanan penyebab bau badan yang harus Anda hindari. Untuk mencegah bau badan Anda dapat melakukan cara seperti berikut ini, minum air putih secara teratur, mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat dan selalu menerapkan pola hidup diet yang sehat.

loading...
Tags:Bumbu rempah yang menyebabkan bau badan, vegetarian menghindari bau badan