Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering mengganggu penampilan setiap orang, baik wanita maupun pria. Namun pernahkah Anda mengalami masalah jerawat yang sangat serius setelah mengonsumsi makanan tertentu? Ternyata, jerawat tidak hanya disebabkan oleh faktor hormonal, jarang membersihkan muka atau menggunakan produk kecantikan saja melainkan jerawat juga disebabkan oleh faktor makanan.

Jerawat memang salah satu penyakit yang mudah untuk disembuhkan. Maka dari itu, mulailah untuk mengurangi beberapa makanan yang dapat memicu jerawat muncul. Lalu, apa saja makanan tersebut? Berikut adalah makanan penyebab jerawat yang harus Anda ketahui!

Makanan Penyebab Jerawat

Inilah Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Dihindari

Gorengan

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan sangat rentan terhadap jerawat, sebaiknya Anda mulai mengurangi dan mengindari makanan ini. Karena gorengan merupakan salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Hal ini dikarenakan gorengan mengandung lemak yang dapat dapat menyumbat pori-pori wajah. Sehingga, terjadilah infeksi dan wajah menjadi berjerawat. Tak hanya itu, makanan yang digoreng juga tidak baik bagi kesehatan karena lemak trans yang terkandung dalam gorengan dapat membuat pembuluh darah menyempit. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan seseorang terkena kolesterol, serangan jantung serta stroke.

Makanan Cepat Saji dan Makanan Instan

Siapa yang tidak menyukai makanan instan dan cepat saji seperti mie instan, sosis, pizza dan makanan cepat saji lainnya? Saat dikonsumsi, makanan tersebut merupakan makanan yang enak, namun jika makanan tersebut sudah sampai pada organ tubuh lambung makanan instan dan cepat saji sulit untuk dicerna. Sehingga ini akan menghasilkan lemak jahat pada tubuh. Dalam jangka pendek makanan instan dan cepat saji dapat menyebabkan wajah mudah berjerawat dan obesitas. Sedangkan untuk jangka panjang, makanan tersebut dapat membuat Anda terserang berbagai macam penyakit seperti, diabetes, kolesterol serta jantung.

Gula

Gula jika dikonsumsi secara pas memiliki manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya adalah untuk energi. Lantas, bagaimana jika dikonsumsi secara berlebihan? Jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan, ini akan membuat kadar insulin dalam tubuh Anda menjadi meningkat. Sehingga, protein dan hormon dalam tubuh akan berubah dan timbullah jerawat. Mulailah untuk mengurangi makanan yang dapat menaikkan insulin dalam tubuh Anda dengan cara mencari makanan pengganti seperti sayur dan buah.

Makanan Olahan

Makanan olahan merupakan makanan yang melewati berbagai macam proses sebelum dikonsumsi. Biasanya makanan yang diolah akan menurunkan kadar mineral dan enzim yang terkandung dalam makanan tersebut. Tak hanya itu, makanan olahan pada umumnya juga mengandung bahan pengawet. Selain dapat memicu timbulnya jerawat, makanan olahan juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kronis seperti kanker, serangan jantung dan lain-lain.

Demikanlah ulasan tentang makanan penyebab jerawat yang harus Anda ketahui. Gantilah makanan tersebut dengan makanan sehat dan perbanyak minum air putih serta mengonsumsi buah dan sayur. Baca juga Cara menghilangkan bintik hitam di wajah.