Makanan Penyebab Kanker yang Wajib Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang. Ini karena penyakit ini dapat menyebabkan kanker. Seperti yang Anda ketahui ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit ini. Salah satunya yaitu gaya hidup yang tidak sehat serta sering mengonsumsi makanan yang dapat memicu penyakit kanker. Olah karena itu, mulailah untuk menerapkan pola hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit ini dan juga pastikan Anda menghindari makanan penyebab kanker berikut ini!

makanan penyebab kanker

Makanan Penyebab Kanker yang Sebaiknya Dihindari

Daging Olahan

Makanan penyebab kanker yang pertama adalah daging olahan. Daging olahan mengandung sodium nitrat yang dapat meningkatkan resiko sel-sel kanker. Olah karena sebaiknya Anda menghindari makanan yang satu ini. Selain dapat memicu kanker, daging olahan yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko seseorang terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Keripik kentang

Keripik kentang sangatlah nikmat jika dinikmati saat kita sedang bersantai bersama teman ataupun keluarga. Namun tahukah Anda penyakit apa yang dapat disebabkan oleh makanan yang satu ini? Ya, kanker, keripik kentang kaya akan lemak jahat, MSG, natrium, pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Tak hanya kanker saja, keripik kentang juga dapat menyebabkan obesitas, kolesterol hingga serangan jantung jika dikonsumsi secara berlebih.

Hotdog dan Sosis

Hotdog serta sosis memiliki kandungan natrium nitrat yang sangat tinggi yang digunakan sebagai pengawet. Maka dari itu sebaiknya Anda mengurangi mengonsumsi makanan yang satu ini. sebelum membeli makanan ini, pastikan Anda meneliti natrium nitrat yang tertera pada kemasan. Biasanya yang sangat menyukai makanan ini adalah anak-anak. Bagi anak Anda yang menyukai makanan yang satu ini pastikan Anda dapat membatasinya untuk menghindari penyakit yang mematikan tersebut.

Tepung Terigu

Sebuah studi yang diterbitkan dalam ‘Cancer Epidemiology’ menyatakan bahwa mengonsumsi karbohidrat olahan secara rutin dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena kanker. Hal ini karena tepung mengandung glisemik yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang secara tak langsung dapat meningkatkan seseorang terkena kanker.

Popcorn

Makanan penyebab kanker selanjutnya adalah popcorn. Popcorn memang kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Namun jika Anda mengonsumsi makanan tersebut secara berlebih dapat memicu pertumbuhan kanker pada hati, testis dan juga pankreas. Hal ini dikarenakan proses pengolahan tersebutlah yang dapat menyebabkan kanker.

Makanan Kaleng

Seperti yang Anda ketahui, makanan kaleng kaya akan pengawet. Pengawet merupakan salah satu penyebab dari penyakit tersebut. Tak hanya pengawet saja, bahan kimia yang melapisi kaleng tersebut juga dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Demikianlah ulasan tentang makanan penyebab kanker yang wajib Anda ketahui.