Makanan Penyebab Penyakit Jantung yang Wajib diketahui

By Categories : Kesehatan

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang harus dijaga kesehatannya. Hal ini dikarenakan jantung memiliki fungsi yang sangat penting. Salah satu fungsi dari jantung adalah untuk memompa dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Mengingat betapa pentingnya jantung bagi tubuh, tentunya menjaga kesehatan jantung adalah hal utama yang harus diperhatikan. Makanan adalah komponen utama untuk menjaga kesehatan tubuh.

Maka dari itu, memperhatikan segala makanan yang Anda konsumsi setiap harinya dapat membantu Anda untuk menghindari berbagai macam penyakit salah satunya penyakit jantung. Tahukah Anda makanan apa saja yang dapat menyebabkan penyakit jantung terjadi? Seperti yang Anda ketahui makanan cepat saji sejenis junk food merupakan salah satu penyebab penimbunan lemak di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan makanan tersebut kaya akan kolesterol, lemak jenuh dan natrium yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Untuk lebih jelasnya berikut adalah makanan penyebab penyakit jantung yang wajib Anda ketahui.

Makanan Penyebab Penyakit Jantung

Beberapa Makanan Penyebab Penyakit Jantung

Mengonsumsi Gorengan

Yang pertama adalah gorengan. Gorengan kaya akan lemak dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Jika Anda merupakan salah satu orang pecinta gorengan, sebaiknya Anda mengurangi makanan yang digoreng seperti ayam goreng, kripik, pisang goreng, kentang goreng dan makanan gorengan lainnya. Karena kolsterol jahat yang terkandung dalam gorengan dapat mengganggu dan menurunkan kinerja jantung Anda. Selain itu, goreng juga termasuk daftar makanan penyebab jerawat. Sehingga untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda, mulailah menghindari makanan jenis ini.

Makanan Berlemak

Sama seperti gorengan, makanan berlemak pun memiliki lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan jantung Anda. Sumber makanan yang kaya akan lemak adalah seperti susu, daging, minyak sawit dan juga kelapa. Lemak yang terkandung pada makanan tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada arteri di dalam organ jantung. Tak hanya itu, jika dikonsumsi berlebihan makanan tersebut dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan tentunya dapat memburuk kesehatan jantung Anda.

Makanan Siap Saji

Seperti yang Anda ketahui, makanan cepat saji dan makanan instan merupakanan salah satu makanan yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit salah satunya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan lemak jahat pada makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya dapat menyebabkan penyakit jantung saja, fast food serta makanan istan juga dapat memicu terjadinya penyakit kronis seperti kanker.

Telur

Makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung selanjutnya adalah telur, terutama pada bagian kuningnya. Kuning telur mengandung kadar kolesterol tinggi sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan ini akan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan tentunya dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Meskipun telur berpotensi dapat menyebabkan penyakit jantung, Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi telur. Karena, jika dikonsumsi dengan takaran yang pas, telur sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda.

Ayam Goreng

Umumnya ayam goreng termasuk salah satu gorengan yang perlu Anda waspadai. Empat potong ayam goreng dari restoran cepat saji mengandung 920 kalori, 63 gram lemak serta 350 kolesterol. Bagi Anda penggemar ayam sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan ini. Sebagai penggantinya Anda bisa memangangnya.  Ayam panggang tanpa kulit lebih sehat dan rendah lemak dan pastinya hal ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Sosis

Makanan penyebab penyakit jantung selanjutnya adalah sosis. Sosis yang dikonsumsi dalam setiap harinya dapat menyebabkan penyumbatan arteri. Hal ini karena sosis Italia mengandung 810 mg natrium dan 22 gram lemak.

Kue Keju

Mengonsumsi kue keju tanpa aturan juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan ke keju banyak mengandung kalori dan asupan lemak, dengan rincian 57 gram lemak, 860 kalori dan 80 gram karbohidrat per irisannya. Meskipun terlihat kecil, akan tetapi berfikirlah dua kali jika ingin mengonsumsinya. Jika ingin menyantap kue ini, pilihlah kue polos yang rendah lemak dan kalori.

Steak

Siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini? Meskipun memiliki rasa enak, sebaiknya Anda pun berfikir dua kali. Membatasi asupan daging sapi dapat mencegah kerusajan arteri. Karena daging sapi sirloin  memiliki 594 kalori, 18, 5 gram lemak dengan 6,8 gram lemak jenug dan 191 mg kolesterol. Jika ingin mengonsumsi daging merah, Anda bisa memilih filet mignin ataupun steak T-bone yang lebih rendah lemak dan kolesterolnya.

Pizza

Makanan khas Italia ini pun tidak terlalu baik bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk membatasinya. Sepotong irisan pizza mengandung 9,8 gram lemak dengan 4,4 gram lemak jenug dan 551 mg natrium.

Nah itulah beberapa makanan penyebab penyakit jantung yang wajib Anda ketahui. Selain makanan tersebut, makanan yang mengandung garam, makanan manis, daging olahan dan berbagai macam makanan yang dipanggang dapat pula memicu terjadinya penyakit jantung.

Baca juga artikel terkait mengenai Olahraga untuk kesehatan jantung.

Tags:berbagai makanan