Makanan Sehat Bagi Ginjal

By Categories : Kesehatan

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi manusia yang harus dijaga kesehatannya. Secara umum ginjal berfungsi sebagai organ ekskresi tubuh. Setiap orang pastinya ingin memiliki ginjal yang sehat. Namun, memiliki ginjal yang sehat tentunya harus diimbangi sesuatu yang sehat juga seperti olahraga dan juga mengonsumsi makanan yang dapat membantu kinerja ginjal.

makanan-sehat

Anda bisa mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan juga buah. Tahukah Anda sayur dan buah aman dikonsumsi bagi setiap orang karena tidak akan menyebabkan penyakit seperti ginjal. Dan untuk mencegah penyakit ini sebaiknya mengurangi mengonsumsi makanan yang cepat saji dan juga gorengan. Berikut adalah makanan sehat bagi ginjal. Apa saja? Berikut ulasannya!

Ikan

Makanan sehat bagi ginjal yang pertama adalah ikan. Kandungan lemak omega 3 dan lemak anti inflamasi yang terkandung pada ikan dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit ginjal. Selain omega 3, ikan juga mengandung protein yang sangat baik bagi pertumbuhan tubuh. Baca juga manfaat minyak ikan bagi kesehatan.

Putih telur

Makanan sehat yang kedua adalah putih telur. Seperti yang kita tahu, putih telur sangat baik digunakan untuk masker wajah. Selain untuk kecantikan, putih telur juga sangat baik bagi kesehatan ginjal Anda. Seseorang yang mempunyai masalah dengan ginjal sangat dianjurkan untuk mengonsumsi protein dengan sedikit fosfor. Ini dapat ditemui pada putih telur dan sebaiknya menghindari kuning telur.

Paprika merah

Pada umumnya paprika ada 3 macam yaitu paprika merah, hijau dan juga kuning. Namun, tidak semua paprika cocok untuk mengobati penyakit ginjal. Paprika merah sudah dipercaya dapat mengobati penyakit ini. Tahukah Anda paprika merah dapat membantu tubuh untuk memecah sisa limbah yang tidak berfungsi dalam darah? Ini berarti, paprika merah sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit ginjal.

Kembang kol

makanan sehat selanjutnya adalah kembang kol. Kembang kol merupakan sayuran yang mengandung tiosianat, glucosinolates dan juga indoles. Kandungan nutrisi tersebut memiliki peran untuk membuang limbah beracun yang ada dalam tubuh.

Nah itulah beberapa makanan sehat bagi ginjal. Sebaiknya, hindarilah makanan yang digoreng dan juga dibakar. Jika ingin makanan yang digoreng gunakan saja ekstra virgin olive oli. Dan jangan lupa untuk tetap berolahraga agar tubuh tetap sehat.

Artikel terkait tips menjaga kesehatan ginjal.

loading...