Makanan Sehat Untuk Diet Golongan Darah O

By Categories : Kesehatan

Diet sesuai dengan golongan darah sekarang ini tengah menjadi populer dikalangan masyarakat modern. Pada diet golongan darah terdapat tiga klasifikasi golongan makanan yang perlu Anda ketahui, yakni makanan yang sangat baik, netral, serta golongan makanan yang harus dihindari. Mengonsumsi makanan yang masuk kategori sangat baik bermanfaat untuk penyembuhan, makanan dengan kategori netral tidak banyak berpengaruh saat dikonsumsi, sedangkan kategori makanan yang harus dihindari merupakan makanan yang bersifat merugikan.

Berkaitan dengan diet sesuai dengan golongan darah, terdapat diet golongan darah O yang pertama kali ditemukan oleh Dr. Pieter J. D, Adamo yang dirangkum dalam bukunya yang berjudul “Eat Right For Your Type”. Diterangkan tentang makanan sehat untuk diet sesuai dengan golongan darah O.

makanan sehat untuk diet golongan darah o

Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa sel darah merah golongan darah O itu sendiri positif tidak memiliki kandungan karbohidrat antigen seperti yang dimiliki oleh golongan darah lainnya. Orang yang memiliki golongan darah O memiliki karakteristik tubuh sebagai berikut :

  • Memiliki fisik yang kuat
  • Lebih sering memiliki masalah terhadap berat badan
  • Memiliki resiko tekanan darah tinggi dan kolesterol
  • Lebih mudah mengalami kelelahan dan masih banyak lagi lainnya.
  • Lebih kebal terhadap serangan penyakit karana memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Nah Itulah tipe seseorang yang memiliki golongan darah O, selain itu golongan darah O juga memiliki ciri sangat mudah menyimpan kalori dan lemak dalam tubuh. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai makanan sehat untuk diet golongan darah O. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

Inilah Makanan Sehat Untuk Diet Golongan Darah O

Jika dilihat secara umum makanan paling baik untuk golongan darah O adalah protein hewani. Namun tidak menutup kemungkinan jika makanan lainnya juga sangat baik untuk diet golongan darah O. Berikut beberapa makanan yang bisa Anda coba.

Makanan  Tinggi Protein

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Michael ke livestrong. Bahwa diet sesuai golongan darah memang sangat efektif untuk dilakukan salah satunya adalah diet golongan darah O. Dalam diet golongan darah O yang paling penting adalah selalu memperhatikan makanan sehat untuk diet. Makanan yang dianjurkan yang pertama adalah memiliki kandungan tinggi protein seperti daging domba, ikan cod dan mackerel. Sedangkan untuk makanan yang mengandung protein yang harus dihindari diantaranya ikan lele, ikan salmon, daging babi dan daging angsa.

Kacang-kacangan

Golongan darah O sangat rentan terhadap infeksi kelenjar tiroid karena golongan darah O dapat memproduksi hormon tiroid secara lambat, untuk itu Anda harus menghindari beberapa makanan yang dapat menghambat produksi hormon tiroid. Salah satu makanan terbaik adalah kacang-kacangan. jenis kacang-kacangan yang dianjurkan adalah kacang tolo, kacang ainto, kacang azuki, dan kacang aduke. Sedangkan untuk jenis kacang-kacangan yang dilarang adalah kacang lentil hijau, kacang merah, kacang copper, kacang tanah, dan kacang mete.  Untuk kacang polong dan kacang panjang masuk kategori netral atau tidak memiliki efek buruk saat dikonsumsi.

Buah-buahan

Golongan darah O memiliki banyak masalah pada pencernaan, maka saat diet golongan darah O harus menggunakan buah  yang mampu membantu mengurangi asam lambung. Buah yang baik untuk membantu diet sesuai dengan golongan darah O adalah buah plum dan buah ara. Sedangkan buah yang tidak baik dikonsumsi saat melakukan diet adalah melon. Ini karena melon mengandung jamur di dalamnya. Seain itu, stoberi, jeruk, dan buah kelapa juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh golongan darah O saat melakukan diet.

Sayur-sayuran

Nah untuk jenis makanan sehat untuk diet golongan darah O selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sayur-sayuran. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin K, seperti bayam, brokoli, dan kangkung. Sedangkan untuk sayuran yang tidak dianjurkan untuk diet golongan darah O adalah bunga kol, jamur, dan zaitun yang difermentasi. Sayuran tersebut dapat melemahkan fungsi tiroid serta dapat menyebabkan peradangan di saluran pencernaan.  Sayuran lain yang perlu Anda hindari adalah terong, kentang, dan jagung.

Minuman

Untuk minuman yang baik saat diet golongan darah O adalah minuman yang mengandung antioksidan. Minuman yang bisa Anda pilih adalah teh hijau. Teh hijau mampu meningkatkan fungsi pencernaan serta mampu menjaga kesehatan tubuh. Untuk minuman yang perlu Anda hindari adalah minuman berkafein serta teh hitam.

Selain bahan di atas, minyak zaitun, biji labu, susu kacang kedelai, beberapa produk susu dan beberapa jenis keju dari susu kambing juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet golongan darah O. Sedangkan untuk telur Anda harus menguranginya,

Nah itulah penjelasan mengenai makanan sehat untuk diet golongan darah O yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikle terkait lainnya Menu diet mayo untuk turunkan berat badan

loading...
Tags:makanan sehat wanita darah o positif