Makanan Sehat untuk Mencegah Osteoporosis

By Categories : Kesehatan

Permasalahan osteoporosis atau pengeroposan pada tulang sering dialami oleh kebanyakan orang. Rata-rata yang mengalami pengeroposan tulang adalah orang yang sudah berusia lanjut. Pada umumnya pengeroposan tulang disebabkan oleh beberapa faktor termasuk juga kekurangan kalsium. Namun tidak selamanya osteoporosis menyerang lansia saja, melainkan juga menyerang orang yang masih berusia muda.

Makanan Sehat untuk Mencegah Osteoporosis

Untuk itu sebaiknya diperlukan beberapa makanan sehat yang bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Gaya hidup yang tidak sehat juga mempengaruhi penyakit yang menyerang tulang ini. Meskipun tidak menular, tetapi osteoporosis menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan. Nah di bawah ini terdapat beberapa makanan sehat yang dapat mencegah osteoporosis.

Berikut Makanan Sehat untuk Mencegah Osteoporosis

Yoghurt

Makanan sehat untuk mencegah osteoporosis yang pertama adalah yoghurt. Yoghurt merupakan sumber makanan yang mengandung susu. Yoghurt mengandung jumlah kalsium yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tulang. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin memiliki tulang sehat dan terhindar dari pengeroposan tulang sebaiknya mencukupi kebutuhan tulang Anda dengan makanan yang mengandung kalsium.

Telur

Makanan sehat untuk mencegah osteoporosis yang kedua adalah telur. Telur merupakan sumber makanan hewani yang mudah untuk ditemukan di pasar. Telur mengandung vitamin D yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Selain vitamin D, telur juga mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai permasalahan pada kesehatan tubuh.

Buah-buahan

Tidak hanya yoghurt dan telur saja, buah-buahan mengandung akan vitamin dan sumber nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan tulang. Terdapat banyak buah-buahan yang dapat Anda konsumsi seperti buah jambu, stroberi, jeruk, dan buah-buahan lainnya.

Sayur Bayam

Makanan sehat berikutnya adalah sayur bayam. Sayur bayam mengandung zat besi tinggi yang baik untuk sistem kekebalan pada tubuh serta untuk kesehatan tulang. Oleh sebab itu sangat disarankan jika mengonsumsi sayur bayam ke dalam menu harian Anda. Perlu diingat dalam memasak sayuran, sebaiknya jangan terlalu lama. Waktu yang terlalu lama dalam memasak sayur justru dapat membuat sayuran menjadi layu, sehingga akan mengurangi nutrisi di dalamnya.

Kurma

Selanjutnya adalah buah kurma. Selain lezat buah kurma mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kurma mengandung serat yang cukup tinggi disertai kandungan kalsium dan magnesium yang berguna dalam menjaga kepadatan tulang. Buah yang satu ini banyak digemari kebanyakan orang karena rasa khas dari buah kurma.

Kacang

Kacang tidak kalah dengan sumber makanan di atas. Kacang mengandung kalsium, magnesium, dan juga fosfor. Kandungan zat tersebut dibutuhkan oleh tulang dalam hal menjaga kepatadan. Kacang yang mengandung ketiga zat tersebut seperti kacang almond ataupun kacang pistachio.

Ikan

Ikan menjadi sumber makanan hewani yang mengandung minerl beserta kalsium cukup tinggi. Selain zat tersebut beberapa ikan seperti ikan salmon mengandung omega 3 yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa makanan sehat untuk mencegah osteoporosis.