Makanan Sehat untuk Penderita Panas Dalam

By Categories : Kesehatan

Panas dalam merupakan suatu keadaan dimana mengalami panas yang berlebihan terutama pada saluran pencernaan. Pada umumnya istilah tersebut tidak dikenal dalam dunia medis, akan tetapi sampai saat ini masyarakat menyebut kondisi tersebut dengan panas dalam. Ada beberapa penyebab dari panas dalam, antara lain kurang vitamin C, terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak atau gorengan, dehidrasi, daya tahan menurun, hormon tidak stabil hingga jam makan tidak teratur.

Kacang hijau

Seseorang yang mengalami panas dalam, memiliki tanda dan gejala seperti sariawan, bibir pecah-pecah, gangguan pencernaan, bau mulut, gangguan tenggorokan hingga tubuh meriang dan tidak fit. Namun Anda jangan khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk penderita panas dalam berikut ini.

Cara mengatasi panas dalam secara alami

Kacang hijau
Makanan sehat untuk penderita panas dalam yang pertama adalah kacang hijau. Kandungan nutrisi dan vitamin pada kacang hijau dipercaya dapat berguna untuk mengatasi panas dalam. Caranya pun mudah yaitu rebuslah kacang hijau secukupnya dengan air, kemudian tambahkan gula dan ruas jahe secukupnya. Konsumsilah kacang hijau tersebut dua kali sehari dengan teratur. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi gejala panas dalam.

Makanan kaya akan vitamin C
Sudah disebutkan tadi bahwa salah satu penyebab panas dalam adalah kurangnya asupan vitamin C. Oleh karena itu, cara mengatasinya adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Selain mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, mengonsumsi vitamin C langsung dari sumbernya adalah cara yang lebih baik. Berikut adalah buah kaya vitamin C yang dapat Anda manfaatkan.

  • Jeruk
    Sudah menjadi rahasia umum jika jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Tak hanya vitamin C saja, jeruk juga mengandung fitonutrien dan flavonoid yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, buah yang memiliki rasa asam manis ini pun mengandung asam askorbat yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Sehingga selain dapat mengatasi panas dalam, jeruk juga dapat Anda gunakan untuk mengobati asam lambung.
  • Tomat
    Makanan sehat untuk penderita panas dalam selanjutnya adalah tomat. Tomat merupakan salah satu jenis buah yang wajib Anda konsumsi sehari-hari. Hal ini dikarenakan selain kaya akan vitamin C, tomat juga mengandung vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin K, folat, fosfor, tembaga, kalium, niacin, thiamin dan masih banyak lagi kandungan nutrisi pada tomat. Oleh karena itu, mengonsumsi tomat secara teratur dapat mencegah Anda terserang dari berbagai macam penyakit.
  • Jambu biji
    Selain dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare, jambu biji juga dapat mengatasi panas dalam yang Anda derita. Hal ini dikarenakan, dalam 100 gram jambu biji mengandung 180 gram vitamin C yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi asupan vitamin tersebut dalam setiap harinya.

Nah itulah beberapa makanan sehat untuk penderita panas dalam.

loading...
Tags:masakan untuk panas dalam, makanan untuk panas dalam, makanan yang cocok untuk panas dalam, makanan yang dianjurkan saat panas dalam, makanan yang harus dihindari ketita pa, menu makanan untuk panas dalam, menu masakan sehat saat panas dalam, pantangan panas dalam, yg harus dimakan panas dalem