Makanan untuk Menaikkan Trombosit Pada Penderita DB

By Categories : Kesehatan

Makanan untuk menaikkan trombosit paling banyak ditanyakan oleh setiap orang, terutama pasien demam berdarah. Sebab penyakit tertentu seperti demam berdarah (DB) dapat menyebabkan jumlah trombosit turun. Nah bagi Anda ataupun anggota keluarga yang mengalami masalah ini, simak ulasan berikut ini untuk membantu meningkatkan trombosit.

Trombosit atau keping darah adalah salah satu komponen darah yang berguna untuk membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang terbuang ketika terjadi pendarahan. Selain itu, trombosit juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena infeksi.

Perubahan cuaca yang tidak menentu dan cukup ekstrim membuat sistem imun seseorang menurun. Jika sistem imun tubuh menurun tentu saja dapat membuat tubuh sangat rentan terhadap penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang di musim ini adalah demam berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegpty. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, penyakit ini dapat menyebabkan trombosit turun dan sistem kekebalan tubuh pun ikut melemah.

Umumnya jumlah trombosit normal adalah 150.000 sampai 450.000 per mikro liter darah. Jika di bawah jumlah tersebut, maka seseorang harus melakukan cara untuk menaikkannya. Namun Anda tak perlu khawatir, ada beberapa makanan yang berguna untuk meningkatkan jumlah keping darah ini. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya.makanan-untuk-menaikkan-trombosit

Daftar Makanan untuk Menaikkan Trombosit Pada Penderita DB

Angkak

Angkak tentu saja salah satu minuman yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Minuman yang satu ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan jumlah trombosit secara signifikan. Karena manfaatnya inilah yang membuat angkak sering digunakan sebagai obat demam berdarah paling ampuh.

Efek angkak menaikkan trombosit dalam tubuh pun sangat cepat, sehingga hal ini tentu saja dapat membuat proses penyembuhan semakin cepat. Tak hanya dapat menaikkan jumlah trombosit,  angkak juga berguna untuk menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga manfaat daun ubi jalar untuk menyembuhkan DB

Jambu Merah

Selain Angkak, jambu merah juga sudah terbukti untuk menaikkan jumlah trombosit. Tak hanya itu saja, buah ini juga kaya akan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C dari buah ini lebih tinggi daripada jeruk ataupun buah lainnya, maka jangan heran jika jambu merah merupakan salah satu alternatif untuk mempertahankan daya tahan dan kebugaran tubuh.

Rasanya yang enak juga membuat jambu merah sangat disukai oleh banyak orang. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus buah yang menyegarkan.

Delima

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah delima. Buah bewarna merah yang memiliki rasa masam ini juga kaya vitamin C. Namun tak hanya itu saja, delima juga kaya zat besi yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan jumlah trombosit. Kandungan vitamin dan mineral pada buah ini juga sangat ampuh untuk melawan penyakit demam berdarah yang Anda derita.

Sayuran Hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran memang sangat ampuh untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satu manfaat sayuran hijau adalah dapat membantu Anda untuk menambah trombosit. Sebab sayuran hijau kaya vitamin K dan zat besi yang baik dikonsumsi ketika jumlah trombosit menurun. Selain bayam, Anda juga bisa mencoba makanan untuk menaikkan trombosit lainnya seperti kangkung, sawi hijau, brokoli dan sayuran hijau lainnya.

Buah Pepaya

Makanan untuk meningkatkan jumlah trombosit selanjutnya adalah buah pepaya. Menurut penelitian, pepaya merupakan buah terbaik yang bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah keping darah. Tak hanya buahnya saja, daun pepaya juga memiliki manfaat yang sama.

Daun buah kaya serat ini memang sering digunakan sebagai obat demam alami. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, ambil beberapa daun pepaya yang masih muda lalu rebus dengan 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan airnya tersisa setengahnya, setelah dingin Anda bisa meminumnya.

Cukupi Asupan Cairan

Apapun masalah kesehatannya, air putih tidak pernah ketinggalan untuk dimanfaatkan. Air putih yang Anda minum tak hanya dapat mencegah tubuh dehidrasi, namun air putih juga dapat membantu meningkatkan trombosit. Hal ini karena trombosit merupakan komponen darah yang terbuat dari air serta protein. Oleh karena itu pastikan Anda minum air putih sesuai takaran yang dianjurkan, yaitu 1,5 hingga 2 liter atau 8 gelas dalam setiap harinya.

Gandum Utuh

Mengonsumsi gandum utuh ternyata lebih baik daripada mengonsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat saar sakit. Bukan tanpa alasan, sebab gandum kaya akan vitamin, mineral, nutrisi serta serat yang berguna untuk meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh.

Istirahat Teratur

Selain mengonsumsi berbagai macam makanan dan minuman tersebut, penderita demam berdarah juga dianjurkan untuk beristirahat secara teratur. Istirahat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tubuh yang bugar tentu saja dapat memproduksi lebih banyak trombosit.

Baca juga akibat kurang tidur bagi kesehatan tubuh

Demikianlah ulasan mengenai makanan untuk menaikkan trombosit pada pasien demam berdarah.

loading...
Tags:cara perem sawo