Makanan untuk Menambah Tekanan Darah yang Aman

By Categories : Kesehatan

Makanan untuk menambah tekanan darah dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah rendah atau hipotensi. Pada umumnya seseorang yang memiliki tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Sedangkan seseorang yang memiliki darah rendah, tekanan darahnya akan mengalami penurunan yaitu 90/60 mmHg. Tekanan darah rendah atau hipotensi bisa menjadi masalah yang serius jika tidak segera ditangani. Biasanya, penderita akan mengeluhkan sering pusing, keringat dingin, pucat, merasa cepat lelah dan juga penglihatan kurang jelas.

Ini dikarenakan suplai darah yang menuju pada tubuh tidak maksimum. Jika penyakit ini diabaikan dan tidak segera ditangani, seseorang yang terkena penyakit darah rendah beresiko terkena serangan penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan juga ginjal. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cara yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menaikkan hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi atau Fe pada sel darah merah. Sel darah merah itulah yang memiliki peran penting untuk mengangkut oksigen yang ada di dalam tubuh. Jika sel darah merah berkurang maka akan mengalami anemia atau kekurangan darah.

baca juga cara alami turunkan kolesterol

Inilah Makanan Untuk Menambah Tekanan Darah

makanan untuk menambah tekanan darah

Makanan Mengandung Garam

Garam dapat menahan cairan dalam tubuh. Setelah garam dikonsumsi, ginjal mengeluarkan sedikit cairan akibatnya cairan/darah yang beredar di tubuh kita bertambah banyak menyebabkan peningkatan tekanan darah. Makanan yang banyak mengandung garam antara lain ikan asin dan telur asin namun perlu pembatasan jumlah garam yang dikonsumsi setiap hari agar tidak terlalu berlebihan.

Daging

Makanan yang kedua adalah daging. Daging merupakan makanan yang sangat baik dalam menambah darah dalam tubuh. Ini karena daging mengandung protein dan zat besi. Maka dari itu, daging sangat efektif dalam meningkatkan jumlah hemoglobin. Namun, bagi Anda penggemar makanan yang satu ini sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya. Karena mengonsumsi daging yang berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Jenis daging ang dapat Anda konsumsi adalah daging sapi, kambing, dan daging kerbau.

Sayur dan Buah-buahan

Makanan untuk menambah tekanan darah selanjutnya dalah sayur dan buah-buahan. Pada umumnya sayur dan buah dapat menjaga agar tekanan darah berada dalam rentang normal, sayur dapat meningkatkan tekanan darah pada penderita hipotensi dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Anda dapat mengonsumsi brokoli. Sayuran ini mengandung protein nabati serta zat besi yang dapat manambah produksi sel darah merah secara cepat. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh. Selain brokoli, Anda juga dapat mengonsumsi bayam, kol, sawi, dan lobak.

Sedangkan untuk buah, Anda dapat mengonsumsi buah naga yang mengandung vitamin A tinggi di dalamnya. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah stroberry dan kurma. Stroberry mengandung zat besi, vitamin, rendah lemak, antioksidan, dan serat yang tinggi. Sedangkan buah kurma mengandung vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah, mangatasi anemia, serta meningkatkan stamina tubuh. Anda juga bisa mengonsumi buah-buahan seperti buah limau, apel, melon, jeruk, dan juga anggur. Buah tersebut tidak hanya dapat menambah sel darah merah, menjaga tekanan darah normal, tetapi juga  dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Selanjutnya makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah adalah kacang-kacangan. Tahukah Anda ada beberapa jenis kacang yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan tekanan darah? Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang merah, kacang polong dan juga kacang hijau untuk menstabilkan tekanan darah Anda. Kacang-kacangan mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah. Kacang-kacangan salah satu makanan yang dicerna secara perlahan sehingga baik untuk membantu meningkatkan tekanan darah.

Air putih

Berkurangnya cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi tekanan darah. Mulailah untuk minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap harinya agar dehidrasi tidak menyerang Anda sehingga tekanan darah tetap normal.

Nah itulah beberapa makanan untuk menambah tekanan darah dalam tubuh. Konsumsilah makanan yang seimbang dan bergizi,  agar tubuh tetap sehat. Selain makanan diatas, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan Vitamin B12 untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

Selain hal di atas, Anda juga harus menjalankan pola makan sehat serta diimbangi dengan pola hidup sehat.

Baca juga artikel lainnya manfaat brokoli bagi kesehatan.

loading...
Tags:makanan penambah tekanan darah, makanan penambah tensi darah, makanan penambah tensi, makanan untuk menaikkan tekanan darah, makanan untuk meningkatkan tekanan darah, makanan untuk menaikkan tensi, buah penambah tekanan darah, cara menaikkan tensi, makanan menaikkan tensi, buah untuk menaikkan tekanan darah, cara menaikan tensi, buah-buahan untuk menaikkan tensi darah, makanan untuk menaikan tensi, cara menaikkan tekanan darah, buah untuk menaikkan tensi