Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

By Categories : Kesehatan

Jika tadi kami sudah menjelaskan tentang tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kali ini kami akan menjelaskan apa saja makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yuk simak artikel berikut ini! Ada beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti, olahraga teratur, tidur cukup, menghindari kebiasaan buruk dan juga mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Cara tersebut dilakukan agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Dari sekian banyak cara di atas, salah satu hal yang paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Apa saja makanan tersebut? Berikut adalah makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang wajib Anda ketahui!

makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daftar makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ikan

Makanan yang pertama adalah ikan. Mulailah untuk mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti  ikan salmon, ikan tuna dan juga ikan makerel. Karena asam lemak omega 3 dapat memerangi bakteri berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dengan cara membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga manfaat ikan salmon untuk kesehatan

Daging merah tanpa lemak

Kandungan zinc (seng) dalam daging dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, daging juga mengandung nutrisi seperti kalsium, lemak, zat besi, vitamin A dan juga vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu dapur yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan allicin pada bawang putih berfungsi untuk melawan dan menghancurkan bakteri yang menyerang tubuh. Bawang putih juga mengandung vitamin C, B1, B6 dan juga mineral (zat besi, sulfoksida dan juga fosfat). Bahan tersebut merupakan bahan antiseptik, anti jamur dan juga anti bakteri yang berkhasiat untuk mencegah tubuh terserang penyakit batuk dan juga pilek.

Buah

Makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selanjutnya adalah buah. Dalam mengonsumsi buah sebaiknya pilihlah buah yang mengandung vitamin C dan juga antioksidan seperti, mangga manalagi, jeruk, anggur, apel dan juga buah gandaria. Vitamin C dan juga antioksidan pada buah tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, buah tersebut juga dapat meningkatkan produksi limfosit atau sel darah putih.

Kebiasaan yang Dapat Merusak dan Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Setelah membahas mengenai makanan yang tepat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi sistem imun tubuh  yang kuat dapat mencegah manusia agar tidak terserang penyakit. Akan tetapi meskipun kita berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkannya jika ada kebiasaan yang dapat merusak sistem imun tersebut tentu saja hal ini sangatlah sia-sia.

 Menurut Susan Blum MD, penulis The Immune System Recovery Plan menyatakan bahwa ada beberapa hal yang dapat merusak usus serta sistem pencernaan manusia. Jika sistem pencernaan terganggu maka akan sangat berpengaruh bagi sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Lantas apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ulasannya.

Mengonsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri seperti steroid dan NSAID yang dikonsumsi secara terus menerus dapat merusak lapisan usus dan dapat menyebabkan sindrom usus bocor. Jika hal ini terjadi maka infeksi dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Sehingga hal inilah yang menyebabkan sistem kekebalan menurun. Pastikan Anda tidak mengonsumsi obat pereda nyeri setiap hari.

Sering bepergian

Seseorang yang sering bepergian juga sangat rentan terhadap penyakit. Hal ini dikarenakan mereka sering terkena polutan asing dan polutan yang ada di jalanan. Tak hanya itu saja, seseorang yang sering bepergian juga memiliki kualitas yang buruk. Bagi Anda yang memang seringkali bepergian, pastikan Anda berolahraga secara rutin dalam setiap hari setidaknya 15 sampai 20 menit.

Mengonsumsi obat antasida

Beberapa antasida memiliki sifat menyerap asam dan tentunya hal ini memiliki efek yang negatif pada sistem kekebalan tubuh. Seperti yang Anda ketahui, asam yang ada di dalam tubuh berguna untuk mensterilkan semua makanan yang Anda makan, ketika tubuh tidak bisa mensterilkan tentu saja tubuh akan mudah terinfeksi. Alhasil tubuh pun akan  mudah terserang penyakit. Blum menyarankan, mengonsumsi antasida harus berjarak tiga bulan dari konsumsi sebelumnya. Dan sebaiknya Anda pun menghindari makanan yang dapat memicu asam refluks.

Baca juga gampang sakit? konsumsi makanan sehat dan bergizi berikut ini

Sekarang sudah tahu kan apa saja makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan apa saja yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh? Mulailah untuk menghidangkan makanan tersebut. Selain menambah selera, makanan tersebut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tentunya sangat baik bagi kesehatan Anda.

loading...
Tags:cara meningkatkan limfosit, cara menaikkan limfosit, buah yang nenaikan limfosit, cara menaikan limfosit, cara menaikan sel limfosit, cara meningkatkan lim, cara memperbanyak limfosit t, cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka, Makanan apa saja yang meningkatkan kekebalan tubuh ?, makanan meningkatkan limfosit, makanan untuk menaikkan limfosit, memaikan limfosit