Makanan Vitamin A Bagi Tubuh

By Categories : Kesehatan

Vitamin A atau retinol merupakan vitamin yang sangat baik dalam memelihara kesehatan mata. Seseorang yang kekurangan vitamin A akan mengalamai beberapa gangguan pada mata seperti mata kering dan juga peradangan mata. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata. Vitamin A juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan juga transkripsi gen. Untuk mendapatkan asupan vitamin A, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bagi tubuh. Lantas apa saja makanan vitamin A bagi tubuh? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga tips menjaga kesehatan mata.

vitaminA

Makanan  sumber vitamin A bagi tubuh

Wortel

Seperti yang Anda ketahui wortel merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin A.  Dalam satu wortel yang berukuran sedang mengandung 200 % dari kebutuhan seseorang per hari.  Sedangkan dalam 100 gram wortel  mengandung vitamin A sebesar 16.706 IU. Selain dapat meningkatkan kesehatan mata, wortel juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan juga dapat meredakan rasa nyeri saat datang bulan atau menstruasi.

Ubi jalar

Makanan yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah ubi jalar. Pada umumnya ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi daripada wortel yaitu  19.218 IU.  Selain memiliki vitamin yang tinggi ubi jalar juga dapat digunakan untuk melakukan program diet. Ini karena ubi jalar yang rendah kalori namun tetap mengeyangkan jika dikonsumsi.

Tomat

Tomat merupakan buah dan juga sayuran yang kaya akan vitamin A. Dalam satu buah tomat mengandung 20% dari kebutuhan tubuh per hari. Tak hanya itu, tomat juga kaya akan vitamin C yang baik bagi tubuh. Vitamin A dalam tomat dapat menjaga kinerja mata sedangkan kandungan vitamin C pada tomat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga antioksidan bagi tubuh.

Baca juga makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cabai merah

Cabai merah merah memiliki senyawa dan juga nutrisi yang sangat baik bagi  kesehatan manusia salah satunya vitamin A. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang suka makan pedas akan memiliki penglihatan yang baik daripada seseorang yang tidak suka makan pedas. Selain vitamin A, cabai juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Mangga

Seperti yang Anda ketahui, buah dan sayur yang memiliki warna merah dan orange mencolok dapat diindikasikan bahwa buah dan sayur tersebut memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Salah satunya yaitu mangga. Selain mengandung vitamin A buah mangga juga mengandung vitamin C, serat dan nutrisi lainnya yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Hati sapi

Makanan vitamin A selanjutnya adalah hati sapi. Banyak orang yang menghindari jeroan yang satu ini karena banyak mengandung lemak dan kolesterol. Meskipun begitu hati sapi mengandung asam amino esensial yang akan dirubah menjadi protein untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, menunjang sistem hormon dalam tubuh serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Dalam 100 gram hati mengandung 31, 718 IU. Namun tak hanya vitamin A saja, hati sapi juga mengandung vitamin B12 yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah merah.

Telur

Selanjutnya adalah telur. Makanan yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Maka jangan heran jika telur menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Dalam satu butir telur mengandung 6% vitamin A. Dan dalam 100 gram telur mengandung 487 IU. Kandungan vitamin A dalam telur dapat mencegah kerusakan sistem organ mata serta dapat mencegah kebutaan.

Sawi

Jenis sayuran hijau yang satu ini sangat mudah ditemukan, baik di pasar tradisional ataupun di supermarket. Selain harganya yang murah kandungan vitamin dalam sawi juga dapat membantu Anda agar tetap sehat dan bugar. Dalam 50 gram sawi mengandung vitamin A sekitar 9.760 IU. Beberapa manfaat sawi untuk kesehatan tubuh adalah sebagai sumber antioksidan terbaik, menjaga kadar kolesterol agar tetap normal, menjaga kesehatan jantung, mencegah peradangan dan juga untuk proses detoksifikasi.

Ikan tuna

Tak hanya asam lemak omega 3 saja ang terkandung dalam  ikan tuna. Dalam 100 gram ikan tuna mengandung vitamin A sekitar 2183 IU atau sekitar 42 persen dari total kebutuhan konsumsi harian. Jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, ikan tuna menjadi sumber retinol yang sangat baik untuk menjaga mata agar tetap sehat. Selain vitamin A, ikan tuna juga mengandung nutrisi lain yang baik, seperti vitamin B12, vitamin D, fosfor dan niacin.

Baca juga manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh

Nah itulah beberapa makanan vitamin A bagi tubuh. Mulailah untuk mengonsumsi makanan tersebut agar terhindar dari beberapa gangguan pada mata. Selain makanan tersebut, Anda juga dapat mengonsumsi buah seperti, anggur, apel, buah naga, pepaya, pisang dan juga sayur seperti bayam dan juga labu untuk memenuhi asupan vitamin A.